Analisis Segmentasi, Penentuan Target, dan Posisi Pasar Gula Kelapa Kristal Beriodium di Jawa Tengah dan Jawa Barat (Studi Kasus Gendis)

Wafiq Priyaghinanto Habibie, Riana Listanti, Dian Novitasari

Abstract

Some of the objectives of this study were: 1) To analyze the segmentation of iodized crystal coconut palm sugar. 2) To recognize the targeting of iodized crystal coconut pal sugar. 3) To Identify the positioning of Gendis iodized crystal coconut palm sugar products. Data collection was carried out online and offline in Purwokerto, where online questionnaires were distributed in several areas in Central Java and West Java. for four months, namely the period December 2020 - March 2021. The population in this study were consumers of iodized crystal coconut palm sugar and its potential consumers. The sampling method in this study used a non-probability sampling method with purposive sampling and snowball sampling techniques. Based on characteristics of the respondents, there are 3 market segments of iodized crystal coconut palm sugar were created. The target market chosen is cluster 2 with the characteristics of respondents aged 41 - 50 years, diploma educational background, housewife profession, and monthly expenses range of Rp.1.500.000 - Rp.3.000.000. Based on the biplot analysis, the results of the perception mapping by respondents that the most attached to the iodized crystal coconut palm sugar were taste, color, and texture.

Keywords

Iodized crystal coconut sugar; segmentation; targeting; positioning

References

Anuraga, G. 2015. Analisis biplot untuk pemetaan karakteristik kemiskinan pada Kabupaten/Kota di Jawa Timur. J Statistika 7:25–34.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas. 2021. Kabupaten Banyumas dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas, Purwokerto.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. 2021. Provinsi Jawa Tengah dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah, Semarang.

Barokatuminalloh, and N. Widayaningsih. 2011. Analisis Ketahanan Pangan Rumah Tangga Perkotaan di Kota Purwokerto Kabupaten Banyumas. Universitas Jenderal Soedirman.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas. 2017. Eksportir Gula Kelapa Terbesar dan Harga Jual Gula Kelapa Kristal Organik di Kabupaten Banyumas Tahun 2017. Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Banyumas.

Fitria, E. M. 2015. Dampak online shop di instagram dalam perubahan gaya hidup konsumtif perempuan shopaholic di Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi 3:117–128.

Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. 4th Ed. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Kardani. 2017. Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran Restoran Termonal O Bogor untuk Menentukan Strategi Pemasaran. Institut Pertanian Bogor.

Kartono, D., and S. Supadmi. 2013. Kelebihan asupan iodium yang kronik pada ibu menyusui dan bayinya. Penelitian Gizi dan Makanan 36:103–112.

Lupiyoadi, R. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. 3rd Ed. Salemba Empat, Jakarta.

Mulyantoro, D. K. 2017. Perlukah wanita hamil mendapat suplementasi iodium? MGMI 8:137–150.

Mustaufik, Tobari, and N. Hidayat. 2014. Peningkatan mutu produksi dan pemasaran gula semut beriodium di Koperasi Serba Usaha (KSU) Ligasirem Sumbang Banyumas. Jurnal Performance 19.

Naufalin, R., B. Sustriawan, and P. Arsil. 2004. Fortifikasi iodium dalam gula kelapa: pengaruh saat fortifikasi dan sumber iodium. Jurnal Teknol. dan Industri Pangan XV:227–231.

Nisa, N. C. 2018. Analisis Posisi pasar PT Pos Indonesia (Persero) dalam Industri Jasa Pengiriman Barang di Kota Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Purba, R. 2006. Measuring Customer Perception Through Factor Analysis. The Asian Manager.

Rizki, D. A. 2013. Analisis Presepsi Konsumen dan Strategi Pemasaran Beras Anlog (Analog Rice). Institut Pertanian Bogor.

Said, A. 2007. Pembuatan Gula Kelapa. Ganeca Exact, Jakarta.

Sari, S. R., I. A. Wibowo, and R. C. Devianto. 2018. Perilaku generasi milenial dalam menggunakan aplikasi Go-Food. JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN 6:240–249.

Suliyanto. 2005. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Ghalia, Bogor.

Talakua, M. W., Z. A. Leleury, and A. W. Talutta. 2017. Analisis cluster dengan menggunakan metode k-means untuk pengelompokkan kabupaten/kota di Provinsi Maluku berdasarkan indikator indeks pembangunan manusia tahun 2014. Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan 11:119–128.

Telaumbanua, M. M., and M. Nugraheni. 2018. Faktor yang mempengaruhi upaya ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan sosial. Jurnal PKS 17:217–226.

Umar, H. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia, Jakarta.

Umar, H. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Rajawali Pers, Jakarta.

Vermila, C. W. M. 2016. Analisis karakteristik konsumen yang berbelanja sembilan bahan pokok (sembako) di pasar tradisional dan pasar moderen di Kecamatan Marpoyan Mamai Kota Pekanbaru. Jurnal Agribisnis 18.

DOI

https://doi.org/10.21107/agrointek.v16i1.11063

Metrics

Refbacks





Copyright (c) 2022 Wafiq Priyaghinanto Habibie

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.