ANALISIS PRODUKTIVITAS ROTI PIA PADA IRT PIA LATIEF KEDIRI

Ifa Hanif, iffan maflahah, Muhammad Fahkry

Abstract


IRT Pia Latief Kediri merupakan perusahan yang bergerak dibidang pengolahan makanan. Perusahaan ini hanya melakukan  evaluasi melalui laporan penjualan yang dijadikan pedoman untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan atau penurunan  produktivitas. Perusahaan perlu mengetahui tingkat produktivitas perusahaan yang kemudian  dijadikan dasar perencanaan peningkatan produktivitas di masa mendatang. Tujuan penelitian ini yaitu mengukur indeks produktivitas, mengidentifikasi penyebab perubahan produktivitas serta memberikan usulan perbaikan yang menunjang produktivitas pada produksi  roti pia. Penelitian ini menggunakan data keuangan perusahaan yang kemudian dilakukan perhitungan produktivitas prasial, produktivitas total dengan metode APC  (American productivity Center) dan analisa dengan diagram fishbone. Berdasarkan hasil pengolahan bulan Januari 2016 hingga September 2018 menunjukkan bahwa indeks produktivitas parsial maupun total cenderung meningkat dari periode dasar. Indeks produktivitas total tertinggi pada bulan  Juli sampai September 2018 sebesar109%. Sedangkan terendah pada bulan November sebesar 91%. Indeks profitabilitas cenderung meningkat dari periode dasar. Indeks profitabilitas total tertinggi pada Bulan September 2018 sebesar 131% dan terendah pada bulan Februari 2016 dan September 2016 sebesar 98%. Sedangkan indeks perbaikan harga juga mengalami penurunan karena indeks profitabilitas lebih rendah dibandingkan dengan indeks produktivitas. Penurunan produktivitas dan profitabilitas  disebabkan oleh permintaan yang tidak stabil, peningkatan upah kerja, tenaga kerja kuurang teliti, kenaikan harga bahan baku, tidak melakukan perawatan mesin secara berkala, penggunaan mesin dan peralatan melebihi kapasitas,  kenaikan tarif listrik dan pengunaan pompa air yang nyala mati setiap hari. Peningkatan produktivitas dan profitabilitas  dilakukan dengan pengawasan lebih ketat terhadap kinerja pekerja, menciptakan kesadaran pekerja untuk menghemat energi, melakukan market survey, melakukan perawatan mesin secara berkala dan menambah jumlah mesin, memberikan bonus pada pekerja, menggunakan tandon untuk menampung air, melakukan promosi melalui media sosial serta melakukan kerjasama dengan pusat oleh-oleh di daerah sekitar

Keywords


American Productivity Center;Indeks Produktifitas;Indeks Profitabilitas;Indeks Perbaikan Harga;Fishbone

References


Deoranto, Panji., A. Harwitasari, D. M. Ikasari. 2016. Analisis Produktivitas dan Profitabilitas Produksi Sari Apel dengan Metode Americann Productivity Center di KSU Brosem. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri 5(3): 114-124.

Gaspersz, Vincent. 2000 Manajemen Produktivitas Total, Strategi Peningkatan Produktivitas Bisnis Global, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hadi, Y., R. Irawan dan O. H. Kelana. 2018.Peningkatan Produktivitas UMKM Menggunakan Metode Americann Productivity Center. Jurnal Metris 19. ISSN :1411-3287. 7-18.

Handoyo. 2010. Analisis Produktivitas dengan pendekatan Metode

Americann Productivity Center(APC) di PT. Panca Wana Indonesia Krian-Sidoarjo. Universitas Pembangunan Nasional “Vetran”Jawa Timur.

Hidayat, L. dan Suhandi, S. (2013). Analisis Biaya Produksi dalam Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan. 1(2):159-168.

Masharyono., Ira, S dan Siti, H.A.S. 2011. Analisis Pengukuran Produktivitas dengan Metode Americann Productivity Center (APC) dan Model Marvin E Mundel. Jurnal Motivasi Industri . 1(3): 23-31.

Nasution, M.N. 2015. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nugroho, P dan Triwilaswandio, W.P. (2012). Permodelan Risiko Kenaikan Tarif Dasar Listrik Terhadap Biaya Produksi Kapal Baru. Jurnal Teknik. 1(1): 5-9.

Perusahaan Listrik Negara. 2016. Penetapan Penyesuaian Tarif Tenaga Listrik. Jakarta: Perusahaan Listrik Negara.

Pujotomo, D., H. Santoso, dan H. Nursanti. 2008. Analisis Pengukuran Produktivitas Pada CV. Citra Jepara Furniture. Jati Undip. 3(1): 26-34




DOI: https://doi.org/10.21107/agrointek.v13i2.5291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Ifa Hanif, iffan maflahah, Muhammad Fahkry

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by

Crossref logo

Mailing Address:

Agrointek: Jurnal Teknologi Industri Pertanian

Department of Agroindustrial Technology, Faculty of Agriculture, University of Trunojoyo Madura
Raya Telang St. PO BOX 2, Kamal - Bangkalan - Jawa Timur
Phone: (031) 3013234, Email:agrointek@trunojoyo.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License