Strategi pengembangan umkm jamu di Kabupaten Sumenep
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
liyah, R., Gumular, I., and Maulina, I. 2015. Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Abon Ikan (Studi Kasus Rumah Abon Di Kota Bandung) Business Development Strategies Of Processing Fish Floss (Case Study Of Rumah Abon In Bandung). Jurnal Periknanan Kelautan, 2(1), 78–84.
Amalia, F., Dyah, A., Citraresmi, P., Rucitra, A. L., Mustaniroh, S. A., and Kartikaningrum, W. 2024. Pengaruh faktor-faktor resiliensi terhadap kesiapan transformasi digital di UKM. Agrointek, 18(1), 67–78. https://doi.org/10.21107/agrointek.v18i1.17527
Fatmawati, I., and Dianawati, H. 2022. Permintaan dan Penawaran Jahe di Era Pandemi. Ejournal Wiraraja, 19, 10–19. https://ejournalwiraraja.com/index.php/FP/article/view/1977
Gunartin. 2017. Penguatan Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Idayu, R., Husni, M., and Suhandi, S. 2021. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73. https://doi.org/10.35906/jm001.v7i1.729
Indrasari, Y. 2020. Efesiensi Saluran Distribusi Pemasaran Kopi Rakyat Di Desa Gending Waluh Kecamatansempol (Ijen) Bondowoso. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 44–50. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.44-50
Indreswari, R., Wijianto, A., Adi, R. K., Yunindanova, M. B., and Apriyanto, D. 2022. Standarisasi Mutu Berbasis Total Quality Control Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Karak Crackers Competitiveness. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5(2654–3168), 7.
Jabnabillah, F., Aswin, A., and Fahlevi, M. R. 2023. Efektivitas Situs Web Pemerintah Sebagai Sumber Data Sekunder Bahan Ajar Perkuliahan Statistika. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 59–70. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3373
Kementrian Koordinator Bidang Perekomonian, 2011. Roadmap Pengembangan Jamu 2011-2025.
Kholik, A., and Rahmi, D. 2023. Strategi Pengembangan UMKM Makanan dan Minuman di Kelurahan Tamansari Kota Bandung. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 133–142. https://doi.org/10.29313/jrieb.v3i2.2796
Kotler, P. 2003. Marketing Management. Eleven Edition penyunt. (United Sta). Prentice Hall.
Lutvitasari, M. R. 2017. Penilaian Level Proses Bisnis Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pengembangan Bagi UMKM Jamu di Kecmatan Nguter. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Nawangsari, W., and Destiarni, R. P. 2023. Strategi Pengembangan UMKM Bantal Kapuk untuk Peningkatan Daya Saing: Sebuah Analisis SWOT dan QSPM. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(2), 125. https://doi.org/10.19184/jsep.v16i2.38417
Rismawati, F., Wahyuni, S., and Widodo, J. 2019. Strategi Pemasaran Stp (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 68. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.10793
Sagirani, T. 2018. Perancangan Sistem Informasi Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dalam Meningkatkan Layanan Pada Pelanggan. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(1). https://doi.org/10.31504/komunika.v7i1.1363
Samsul, I., Sidiq, H., Purnomo, B. H., Suwasono, S., and Soemarno, D. 2024. Strategi pengembangan agroindustri kopi robusta kelompok tani sumber kembang di Kabupaten Jember. 18(2), 381–399. https://doi.org/10.21107/agrointek.v18i2.10552
Singh, M. 2012. Marketing Mix of 4P’S for Competitive Advantage. IOSR Journal of Business and Management, 3(6), 40–45. https://doi.org/10.9790/487x-0364045
Wijaya, I., Indrawan, D., and Hasbullah, R. 2023. Penyusunan Strategi Alternatif Dengan Pendekatan Triple Layer Business Model Canvas di PT Bando Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 188–202. https://doi.org/10.17358/jabm.9.1.188
Yasik. 2020. Pemkab Sumenep Bantu UMKM Di Tengah Tekanan Wabah Covid-19.
Qamaruddin, M Y., Sapar, S., Risal, M., and Hamid, R. S. 2019. Strategi Siapa Mau Kerja Apa Dalam Pengembangan Model Quadruple Helix Sinergitas Antara Pemerintah, Perguruan Tinggi, Industri, Dan Masyarakat. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 4(2), 13–23. https://doi.org/10.35906/jm001.v4i2.276
DOI
https://doi.org/10.21107/agrointek.v19i3.27380Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ika Fatmawati, Ismawati I, Enza Resdiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.