ANALISA MEDIA PEMBELAJARAN WHATSAPP MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE

Yadi Yadi

Abstract


Pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi semakin mempermudah dalam proses pembelajaran yang dipergunakan tanpa harus berada di ruang kelas dengan bertatap muka salah satu media yang dipergunakan dalam sarana pembelajaran yakni aplikasi Whatsapp dengan berbagai fitur yang dimiliki mempermudahkan interaksi antara mahasiswa dan dosen dalam berkomunikasi untuk mengetahui media yang dipergunakan membantu dalam proses pembelajaran perlu dilakukan analisa agar aplikasi yang dipergunakan sesuai dengan tujuan proses pembelajaran dengan melihat beberapa aspek seperti kebergunaan, kemudahan dalam pengoperasian, kemudahan dalam penggunaan dan kepuasan, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar user merasakan kemudahan dan kepuasan dalam menggunakan aplikasi Whatsapp sebagai sarana pendukung proses pembelajaran, metode yang dipergunakan dalam penelitian kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pendekatan use questionnaire. Hasil dari penelitian berdasarkan aspek use questionnaire mahasiswa dan dosen dalam menggunakan aplikasi whatsapp untuk proses pembelajaran dengan persentase skor Usefulness 69.3%, ease of use 71,42%, ease of learning 80.11% dan satisfaction 73.61%.


References


A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” BIODIK J. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 6, no. 2, pp. 214–224, 2020, doi: 10.17509/t.v6i2.20887.

Hikmat, E. Hermawan, Aldim, and Irwandi, “Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Online,” Digit. Libr. UIN SUnan Gung Djati, Bandung, pp. 1–7, 2020, [Online]. Available: http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/.

Sartika, “Kegunaan Whatsapp Sebagai Media Informasi Dan Media Pembelajaran pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi STISIP Persada Bunda,” Medium, vol. 6, no. 2, pp. 15–26, 2018.

Mustakim, “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika,” Al asma J. Islam. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2020.

Nofirza, R. mai Candra, and D. poppyna Putri, “Analisis User Experience dan Usability Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Menggunakan Usability Testing,” Conf. Ind. Eng. Halal Ind., pp. 99–107, 2019.

N. L. Khusniyah and L. Hakim, “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris,” J. Tatsqif, vol. 17, no. 1, pp. 19–33, 2019, doi: 10.20414/jtq.v17i1.667.

Afnibar and D. F. N, “Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen dan Mahasiswa Dalam menunjang Kegiatan Belajar,” J. Komun. dan Penyiaran Islam, vol. 11, no. 1, pp. 70–83, 2020.

R. Iskandar, “Penggunaan Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Peserta Didik Dta At-Tawakal Kota Bandung,” Comm-Edu (Community Educ. Journal), vol. 3, no. 2, p. 97, 2020, doi: 10.22460/comm-edu.v3i2.3778.

I. M. Pustikayasa, “Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran,” Widya Genitri J. Ilm. Pendidikan, Agama dan Kebud. Hindu, vol. 10, no. 2, pp. 53–62, 2019, doi: 10.36417/widyagenitri.v10i2.281.

M. W. Sahidillah and P. Miftahurrisqi, “Whatsapp sebagai Media Literasi Digital Siswa,” J. VARIDIKA, vol. 1, no. 1, pp. 52–57, 2019, doi: 10.23917/varidika.v1i1.8904.

A. Prajana, “Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp dalam Media Pembelajaran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” Cybersp. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, p. 3, 2018.

S. W. Utomo and M. Ubaidillah, “Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional Di Universitas Pgri Madiun,” Kwangsan J. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 199–211, 2018, doi: 10.31800/jtp.kw.v6n2.p199--211.

V. Sahfitri and M. Ulfa, “Analisis Usability Sistem E-Learning Menggunakan USE Questionnaire,” SNaPP2014 Sains, Teknol. dan Kesehat., pp. 373–380, 2014.

K. Saputra, H. Saputra, V. Mutiawani, and Z. Zulfan, “Pengembangan Aplikasi Kuis Pop-Up Sebagai Pembelajaran Interaktif Berbasis Android,” pp. 188–195, 2019.

G. I. Marthasari and N. Hayatin, “Analisis Usability Terhadap Sistem Lective Gegulang Berbasis USE Qestionnaire,” J. Semin. Nas. Teknol. dan Rekayasa, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2017, [Online]. Available: http://research-report.umm.ac.id/index.php/sentra/article/view/1458.

V. Sahfitri and M. Ulfa, “Evaluasi Usability Sistem E-Learning Sebagai Aplikasi Pendukung Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Menggunakan Use Questionnaire,” J. Ilm. Matrik, vol. 17, no. 1, pp. 53–66, 2015.

Dyah Vitalocca Edi suhardi rahman, “Analisis Usability Menggunakan Use Questionnaire Pada Sistem Informasi SMK Negeri 3 Makassar,” J. Mekom, vol. 5, no. 1, pp. 16–22, 2018.

W. A. Kusuma, V. Noviasari, and G. I. Marthasari, “Analisis Usability dalam User Experience pada Sistem KRS Online UMM menggunakan USE Questionnaire,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 4, pp. 294–301, 2016, doi: 10.22146/jnteti.v5i4.277.

G. Feoh, P. Metha, and F. Cristyadi, “Analisa Usability Terhadap Pembelajaran Di SD Tegal Jaya Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android,” Pros. Sintesa, no. November, pp. 91–100, 2018.

Y. Yadi, “Analisa Usability Pada Website Traveloka,” J. Ilm. Betrik, vol. 9, no. 03, pp. 172–180, 2018, doi: 10.36050/betrik.v9i03.43.

R. K. Dewi, N. D. Priandani, K. C. Brata, and L. Fanani, “Usability Evaluation of Mobile-Based Application for Javanese Script Learning Media,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 88–93, 2018, doi: 10.25126/jitecs.20183146.

K. R. T. P. Sari, “Analisis Usabilitas Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Koperasi (SIMK),” J. Simantec, vol. 5, no. 3, pp. 173–178, 2016, [Online]. Available: http://journal.trunojoyo.ac.id/simantec/article/view/2387.




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v9i2.9960

Refbacks



Copyright (c) 2021 yadi yadi

Indexed By