IMPLEMENTASI TEXT MINING UNTUK ANALISIS OPINI MASYARAKAT TERHADAP KINERJA LAYANAN TRANSPORTASI ONLINE DENGAN ANALISIS FAKTOR

Immanuel Olive DjajaPutra, Kestrilia Rega Prilianti, Paulus Lucky Tirma Irawan

Abstract


Sistem transportasi umum saat ini berbasis aplikasi yang terhubung dengan koneksi internet sehingga dapat disebut juga dengan transportasi online. Grab dan Gojek merupakan penyedia jasa transportasi online yang ingin memberikan pelayanan kepada pengguna dengan baik. Beberapa pengguna memberikan tanggapan tentang layanan yang diberikan, pengalaman, kritik maupun saran bagi kedua perusahaan tersebut melalui Twitter. Pada penelitian ini dibuat sebuah aplikasi untuk menganalisis opini masyarakat terhadap layanan Grab dan Gojek dengan implementasi text mining menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier yang digunakan untuk mengklasifikasi tweet ke dalam kelas sentimen positif atau sentimen negatif dan Principal Component Analysis (PCA) yang digunakan untuk menentukan faktor dari setiap sentimen yang telah divalidasi. Data diperoleh melalui Twitter dengan kata kunci “grab” Dan “gojek”. Dari hasil penelitian didapatkan hasil akurasi klasifikasi data uji sentimen pada objek Grab adalah 74,34% dengan jumlah data 152 tweet dan data latih 597 tweet, sedangkan hasil akurasi klasifikasi data uji pada objek Gojek adalah 68,84% dengan jumlah data 565 tweet dan data latih 2249 tweet. Hasil akurasi diperoleh dengan menggunakan nilai threshold sebesar 1.1. Setiap kelas sentimen dilakukan analisis faktor yang kemudian pada Grab diperoleh 6 faktor positif dan 5 faktor negatif, sedangkan pada Gojek diperoleh 8 faktor positif dan 6 faktor negatif. Setiap faktor yang diperoleh dilakukan interpretasi dan kemudian dilakukan validasi oleh pakar.


References


Carr, C.T. dan Hayes, R.A. 2015, Social Media: Defining, Developing, and Divining, Atlantic Journal of Communication, 23:46-65.

Nugroho, D.G., Chrisnanto, Y.H. dan Wahana, A. 2016, ‘Analisis Sentimen Pada Jasa Ojek Online Menggunakan Metode Naive Bayes’, prosiding SNST ke-7, Semarang, hal. 156-161.

Muljono, Artanti, D.P., Syukur, A., Prihandono, A. dan Setiadi, D.R.I.M. 2018, ‘Analisa Sentimen untuk Penilaian Pelayanan Situs Belanja Online Menggunakan Algoritma Naïve Bayes’ seminar KNSI 2018, Semarang, hal. 165-170.

Amora, R., dan Fauzy, A. 2016, ‘Implementasi Metode Naïve Bayes Dalam Mendiagnosis Penyakit Demam Dengue dan Demam Berdarah Dengue (Studi kasus: RSUD R. Syamsudin, SH Kota Sukabumi)’, prosiding SNIPS 2016, Yogyakarta, hal. 646-655.

Ameriksa, S. & Nurhidayah, 2014, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Kemitraan Bisnis PT PLN. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 3:1-14.

Nurhuda, F., Sihwi, S.W. dan Doewes, A. 2013, Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Calon Presiden Indonesia 2014 berdasarkan Opini dari Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier, Jurnal ITSMART, 2:35-42.

Mahardhika, Y.S. dan Zuliarso, E. 2018, ‘Analisis Sentimen Terhadap Pemerintahan Joko Widodo pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier’, prosiding SINTAK 2018, Semarang, hal. 409-413.

Hidayatullah, A.F. dan Azhari, S.N. 2014, ‘Analisis Sentimen dan Klasifikasi Kategori Terhadap Tokoh Publik pada Twitter’, dipresentasikan pada Seminar Nasional Informatika di Yogyakarta, 12 Agustus.

Wilianto, L., Pudjiantoro, T.H. dan Umbara, F.R. 2017, ‘Analisis Sentimen terhadap Tempat Wisata dari Komentar Pengunjung dengan Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Studi Kasus Jawa Barat’, prosiding SNATIF Ke -4, Cimahi, hal. 439-448.

Fanissa, S., Fauzi, M.A. dan Adinugroho, S. 2018, Analisis Sentimen Pariwisata di Kota Malang Menggunakan Metode Naive Bayes dan Seleksi Fitur Query Expansion Ranking, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2:2766–2770.

Zuhri, F.N. dan Alamsyah, A. 2017, ‘Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Brand Smartfren Menggunakan Naïve Bayes Classifier di Forum Kaskus’, prosiding Management Volume 4, Bandung, hal. 242-251.

Indrayuni, E. 2016, Analisa Sentimen Review Hotel Menggunakan Algoritma Support Vector Machine Berbasis Particle Swarm Optimization, Jurnal Evolusi, 4:20-27.

Rofiqoh, U., Perdana, R.S. dan Fauzi, M.A. 2017, Analisis Sentimen Tingkat Kepuasan Pengguna Penyedia Layanan Telekomunikasi Seluler Indonesia Pada Twitter Dengan Metode Support Vector Machine dan Lexicon Based Features, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 1:1725-1732.

Rahutomo, F., Saputra, P.Y. dan Fidyawan, M.A. 2018, Implementasi Twitter Sentiment Analysis untuk Review Film Menggunakan Algoritma Support Vector Machine, Jurnal Informatika Polinema, 4:93-100.

Prilianti, K. R. dan Wijaya, H. 2014. Aplikasi Text Mining untuk Automasi Penentuan Tren Topik Skripsi dengan Metode K-Means Clustering, Jurnal Cybermatika, 2:1-6




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v8i2.6764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Immanuel Olive DjajaPutra, Kestrilia Rega Prilianti, Paulus Lucky Tirma Irawan

Indexed By