APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEB DI KABUPATEN BANGKALAN

Rina Lorensa, Yuni Indah Susilana Sari

Abstract


Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bangkalan memiliki fungsi untuk meningkatkan kualitas dalam pelayanan masyarakat dibidang sumber daya air minum. Seiring berkembangnya teknologi dan informasi dengan secara global maka dibutuhkan suatu yang instan untuk digunakan secara cepat dan gampang didapatkan semua kalangan. Web sistem informasi yaitu suatu sistem yang memberitahukan atau menyampaikan suatu kebutuhan informasi manusia. Aplikasi pengaduan masyarakat berbasis web khusus pelanggan PDAM di Kabupaten Bangkalan menyediakan form keluh kesah masyarakat untuk ketidakpuasan atas pelayanan dari PDAM Kabupaten Bangkalan. Hal ini untuk mempermudah masyarakat Bangkalan untuk menyampaikan permasalahan yang terjadi sehingga tidak perlu untuk mendatangi kantor pusat melainkan dengan mengakses website dari aplikasi pengaduan masyarakat yang berbasis web, selain mudah untuk diakses dengan jarak jauh juga dapat menggunakannya hal ini bisa dilakukan melalui alat
komunikasi seperti Handphone, Laptop, komputer yang sudah dilengkapi koneksin internet.


References


Sari, Novita. 2010. “Analisis Pelayanan Pengaduan Pelanggan Pada Pdam Tirta Batanghari Induk Muara Bulian”. Jambi. Volume 12, Nomor 2, Hal. 35-46.

Novitasari, Alivia Agiesta & Wan Yuliyanti. 2019. “Sistem Informasi Pengaduan Gangguan PDAM Tanah Laut Berbasis Web”. Kalimantan Selatan. Jurnal Sains dan Informatika : Volume 5, Nomor 1.

Nurul Alifah Rahmawati, Arif Cahyo Bachtiar. 2018. “Pengertian Sistem Informasi Beserta Komponen dan Contoh Penerapan Sistem Informasi”. Yogyakarta : Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

Wisnu, Lab. 2020. “Pengertian Pengaduan Menurut Para Ahli”. https://www.labwisnu.com/2019/02/pengertian-pengaduan-menurut-para-ahli.html.

Haryana, KM. Syarif. 2008. “Pengembangan Perangkat Lunak Dengan Menggunakan PHP”. Bandung. Jurnal Computech & Bisnis : Vol. 2, No. 1.

Sugiri, S. H. 2008. “Pengelolaan Database MySQL dengan PHPMyAdmin”. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Yuliansyah, Herman. 2014. “Perancangan Replikasi Basis Data Mysql Dengan Mekanisme Pengamanan Menggunakan SSL ENCRYPTION”. Yogyakarta. Jurnal Informatika : Vol. 8, No. 1.

Destiningrum, Mara & Qadhli Jafar Adrian. 2017. ” Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre)”. Bandar Lampung. Jurnal Teknoinfo : Vol. 11, No. 2.

Wisnu, Lab. 2020. “Pengertian Pengaduan Menurut Para Ahli”. https://www.labwisnu.com/2019/02/pengertian-panduan-menurut-para-ahli.html




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v9i1.9737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Simantec

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By