PENGEMBANGANM-LEARNING BAHASA ARAB BERBASIS LTSA DENGAN PENDEKATAN ADDIE

Andri Kusuma Bhakti, Firdaus Solihin, Fitri Damayanti

Abstract


ABSTRAK


Media pembelajaran interaktif mengenai pelaksanaan proses belajar bahasa arab akan sangat mendukung dalam komunikasi di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Qadar.Model pendekatan yang dilakukan pada proses pembuatan media adalah ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementasi, Evaluation) yaitu model sistem media pembelajaran dengan memperlihatkan tahapan-tahapan dasar media pembelajaran sederhana dan mudah dipelajari. Pada tahap Design pembelajaran ini diimplementasikan dengan standarisasi mengenai pembelajaran jarak jauh yaitu Learning Technology System Architecture (LTSA). LTSA digunakan dengan tujuan memudahkan komunikasi dan kolaborasi antar sistem lain. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan dari sisi siswa dan guru yang berupa pernyataan setelah menggunakan aplikasi, siswa mampu belajar dengan baik. Dan pada kuisioner yang telah diisi oleh siswa, bahwa aplikasi ini sangat layak digunakan untuk membantu siswa dalam proses belajar bahasa arab dengan hasil konversi kelayakan 88 %. Sedangkan pada kuisioner yang telah diisi oleh guru / ahli, bahwa aplikasi ini sangat layak digunakan untuk membantu proses mengajar bahasa arab dengan hasil konversi kelayakan 84.42%.

Kata kunci : Media Pembelajaran Bahasa Arab, ADDIE, LTSA.


ABSTRACT


Interactive learning media on the implementation of Arabic learning process will be very supportive in communication in Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Qadar. The model of approach taken in the process of making media is ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation) that is model of learning media system by showing The basic stages of learning media are simple and easy to learn. At this stage of learning design is implemented with the standardization of distance learning that is Learning Technology System Architecture (LTSA). LTSA is used with the aim of facilitating communication and collaboration among other systems. Based on the evaluation of students and teachers in the form of statement after using the application, students are able to learn well. And on the questionnaire that has been filled by the students, that this application is very suitable to be used to help students in learning arabic language with the result of conversion of 88% eligibility. While in the questionnaire that has been filled by teachers / experts, that this application is very suitable to be used to help the process of teaching arabic language with the results of the feasibility conversion 84.42%.


Keywords : Arabic language learning media, ADDIE, LTSA.


References


Fauziah, L. (2015). National Geographic. http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/10/smartphone-dan-ipadbaik-untuk-pertumbuhananak. Diakses pada tanggal 7 Maret 2016.

Zainudin, R. Pembelajaran Bahasa Arab, Jakarta: Pustaka Group, h.22. 2015.

Basyir, R. Rancang Bangun Aplikasi Android Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab dengan Bergambar dengan Menggunakan

Model Pendekatan ADDIE. Bangkalan: Universitas Trunojoyo Madura. 2016.

Virvon, M. dan Eythimios A., ”Mobile versus desktop facilities for

an e-learning system: users’ perspective”, IEEE International Conference on Systems, Man and Cybernetica, 2004.

Wijaya S.W., “Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Alternatif Bagi Pemulihan Pendidikan Di Daerah Bencana Alam Gempa Bumi Yogyakarta”, Jurusan Teknik Informatika, Univ. Sanata Darma, 2007.

Amiruddin, S., “Sistem Pembelajaran Berbasis LTSA Materi

Gelombang Dan Sifat-sifatnya dengan Metode Problem Solving”.

Teknik Informatika. Universitas Dian Nuswantoro. 2010.

Kustiyaningsih. Y, Purnama J., “Aplikasi M-Learning Sekolah Berbasis Learning Technology System Architecture”. Manajemen Informatika. Universitas Trunojoyo Madura, 2013.

Abrori. S., “Pembuatan E-Learning Bahasa Inggris Berbasis LTSA

(studi kasus yayasan pondok pesantren matsratul huda)”. Manajemen Informatika. Universitas Trunojoyo Madura, 2009.

Kharisma, L., Rika, Y.,Andharini D.C. Penerapan E-Learning Berbasis Learning Techmology System Architecture (LTSA), Bangkalan: Teknik Informatika Universitas Trunojoyo Madura, 2011.

Haromain, I., Pedoman dan Implementasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk RA/BA/TA. Surabaya: Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Timur, 2009.

Sutanta, E., Pengantar Teknologi Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2005.

Indrajit, R. E., Manajemen Sistemm Informasi dan Teknologi Informasi, Elex Komputindo, Jakarta, 2010.

Safaat, N. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika, Bandung, 2011.

Wood, K., Introduction to Mobile Learning(M-Learning), Ferl, Becta (British Educational Communications and Technology

Agency),2003.http://ferl.becta.org.uk/display.cfm?page=65&catid=192&resid=5194. Diakses tanggal 19 Nopember 2005.

Holzinger, A., Alexander N., dan Matthias M., Mobile Phones as a

Challenge for m-Learning:Experiences with the Mobile Learning Engine (MLE) using Mobile Interactive Learning Objects (MILOs), http://dmt.fhjoanneum.at/kd3/objects/application_p/percom2004%20hawaii_PerIL_ah_nis.pdf, 2005.

Rusdi, M., Tanjung, T. F. “Pengembangan Aplikasi Multimedia

Pengenalan dan Pembelajaran Origami dengan Pendekatan ADDIE”. Seminar Nasional Informatika, 129, 2014.




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v6i2.3809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Andri Kusuma Bhakti, Firdaus Solihin, Fitri Damayanti

Indexed By