FAKTOR-FAKTOR KOMITMEN ORGANISASI SERTA PENGARUHNYA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) (Studi pada Karyawan PT. Nusa Tama Furniture)

- Hidayat

Abstract


Komitmen organisasi bagi karyawan sangatlah penting artinya, komitmen organisasi akan berdampak pada keseriusan karyawan dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji komitmen organisasi dimana komitmen tersebut  mempunyai 3 komponen yaitu komitmen afektif, komitmen kontinuitas, dan komitmen normative terhadap organizational citizenship behavior (OCB).Penelitian ini dilakukan di  perusahaan Furniture yaitu di PT. Nusa Tama Furniture Surabaya. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling, Yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu 50 karyawan PT Nusa Tama Furnitur.  Data dikumpulkan dengan menggunakan  instrumen kuisioner, dan diukur dengan menggunakan skala likert. Selanjutnya data dianalisis dengan pendekatan statistik  menggunakan Regresi Linier Berganda menggunakan bantuan program SPSS versi 12.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa secara simultan komitmen afektif , komitmen kontinuitas , dan komitmen normatif berpengaruh positip terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Demikian juga secara parsial  komitmen afektif , komitmen kontinuitas dan komitmen normatif berpengaruh signifikan  terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Komitmen kontinuitas merupakan variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap organizational citizenship behavior karyawan PT. Nusa Tama Furnitur Surabaya, karena mempunyai nilai Standardized Coefficients Beta paling besar.

Keywords


komitmen organisasi, komitmen afektif, komitmen kontinuitas, komitmen normatif, organizational citizenship behavior

References


Allen, Natalie. J & John P. Meyer. 1990. The Measurement And Antecendent of Affective Continuance And Normative Commitment To The Organization. Journal of Occupational Psychology, 63: 1-18.

Bernardin,Russel. 2000. Commitment Performance and Productively in Public Organization. Public Productivity Management Review Summer.

Chynthia, Jeffrey dan Weatherholt, Nancy. 1996. “Ethical development, professional commitment and rule observance attitude : a study of CPA`s and cooperate accournts”Behavioral research in accounting, vol 8.

Dahesihsari, Rayini & Ali Nina Liche Seniati. 2002. Hubungan Antara Peran Jenis Kelamin, Fear Of Succes dan Kesukubangsaan dengan Komitmen Dosen Perempuan terhadap Organisasi. Anima, Indonesian Psychologycal Journal, vol. 17. No. 4: 332 – 345.

Dessler, Gary. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Prentice Hall, Inc.

Frances, Maria dkk. 2001. Hubungan Antara Sikap Terhadap Manajemen Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Dengan Organizational Citizenship Behavior Pada Pekerja BawahAir. Anima Indonesian Psychologycal Journal, vol. 16, No. 2: 215-222.

Gautama, Thanswor dkk. 2004. Organizational Citizenship Behavior and Organizational Commitment In Nepal. Aston Business School, Aston University, Brimingham B4 7 ET, Desember: 1-26.

Gitosudarmo, Indriyo, Sudita, Njoman. 2002. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: BPFE.

Gujarati, D. 2003. Ekonometrika. Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Gomes, Faustino C. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Keempat. Andi Offset. Yogyakarta.

Koentjoro, Zainudin Sri. 2002. Komitmen Organisasi. http: // www.epsykologi.com/ masalah/250702.

Kreitner, Robert and Kanichi Angelo. 2003. Perilaku Organisasi. Terjemahan. Jakarta: Salemba Empat.

Luthans, Fred. 2002. Organizational Behavior. Neinth Edistion. New York: University Diponegoro.

Meyer, John P, Allen, Natallie, Smith, Chatarine. 1993. Commitment to organization and occupation: extension and test of a three component conceptualization, Journal of applied psychology. Vaol 78 no. 4.

Newstorm, John W. and keith Davis. 2002. Organizational Behavior Human Behavior at Work. 11th Edition. New York: Mcgraw-Hill Companies.

Nauri, Hassein, Parker. R. J. 1996. The Effect of Organizational Commitment the Realtion Between Budgetary Participation and Budgetary Slack”. Behavior Research in Accounting, vol 8.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran Falsafah, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v8i1.513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura