Strategi Marketing Mix (Product, Promotion, Price, Place) Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Perspektif Umkm Sumenep Kota

Dedy Ahmadi, Ainorrofiqie Ainorrofiqie, Fuji Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi marketing mix (product, promotion, price, place) dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada UMKM di Sumenep Kota dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Kajian ini mengintegrasikan hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang memengaruhi loyalitas pelanggan melalui pendekatan pemasaran. Penelusuran literatur dilakukan melalui basis data daring dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang ketat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi yang tepat dari elemen marketing mix dapat secara signifikan meningkatkan loyalitas pelanggan. Produk berkualitas, promosi yang efektif, harga kompetitif, dan distribusi yang strategis merupakan komponen utama yang berkontribusi pada keberhasilan UMKM. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya UMKM untuk terus berinovasi dan menyesuaikan strategi pemasaran mereka dengan kebutuhan pasar.


Keywords


marketing mix, loyalitas pelanggan, UMKM, Sumenep Kota

Full Text:

PDF

References


Aditya, D., et al. (2023). Kepercayaan Pelanggan dan Penetapan Harga pada UMKM. Jurnal Ekonomi Regional.

Aditya, R., & Sari, M. (2023). Preferensi Lokal dan Pengembangan Produk UMKM. Jurnal Manajemen Regional.

Firmansyah, A. (2023). Strategi Pemasaran Produk Inovatif. Jurnal Pemasaran Produk.

Handayani, T., et al. (2021). Pengaruh Inovasi Produk terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Handayani, T., et al. (2021). Pengaruh Inovasi Produk terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Kementerian Koperasi dan UKM. (2021). Laporan Tahunan Perkembangan UMKM.

Kitchenham, B., & Charters, S. (2007). Guidelines for Performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering. Technical Report.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.

Kusuma, D. (2023). Efisiensi Distribusi UMKM melalui Platform Digital. Jurnal Logistik. Lestari, N. (2022). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal

Teknologi dan Bisnis.

Prasetyo, A., et al. (2020). Kearifan Lokal dan Produk UMKM Sumenep. Jurnal Sosial Ekonomi.

Pratama, Y., et al. (2020). Digital Marketing Strategies for SMEs. Indonesian Journal of Business.

Pratama, Y., et al. (2020). Digital Marketing Strategies for SMEs. Indonesian Journal of Business.

Pratomo, Y. (2021). Strategi Promosi UMKM di Era Digital. Jurnal Pemasaran Digital. Rahman, F. (2020). Pameran Lokal sebagai Sarana Promosi UMKM. Jurnal Komunitas

Lokal.

Rahmawati, T., & Pratomo, S. (2022). Penggunaan E-commerce oleh UMKM. Jurnal Teknologi Bisnis.

Rahayu, F., & Lestari, D. (2023). Kolaborasi dengan Influencer Lokal sebagai Strategi Promosi UMKM. Jurnal Komunikasi Bisnis.

Santoso, A., et al. (2023). Pentingnya Edukasi Penetapan Harga bagi UMKM. Jurnal Edukasi Bisnis.

Santoso, D. (2023). Penetapan Harga Kompetitif untuk UMKM. Jurnal Manajemen Keuangan.

Susanto, A. (2021). Kampanye Digital untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Jurnal Komunikasi Digital.

Susanto, H. (2023). Promosi Digital pada UMKM. Jurnal Pemasaran Modern.

Susilo, A., et al. (2023). Inovasi Produk pada UMKM dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis Lokal.

Sutanto, H. (2022). Distribusi dan Loyalitas Pelanggan pada UMKM. Jurnal Manajemen. Sutanto, H. (2022). Distribusi dan Loyalitas Pelanggan pada UMKM. Jurnal Manajemen. Wibisono, H. (2023). Strategi Pemasaran Terpadu pada UMKM. Jurnal Strategi Bisnis.

Wibowo, A., & Rahmawati, S. (2019). Strategi Harga pada UMKM. Jurnal Ekonomi Indonesia.

Wibowo, A., & Rahmawati, S. (2019). Strategi Harga pada UMKM. Jurnal Ekonomi Indonesia.

Yuniarti, E., & Firmansyah, B. (2023). Strategi Diskon dan Paket Harga pada UMKM. Jurnal Pemasaran.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v13i2.28905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Neo-Bis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura