Pengaruh Modal, Lama Usaha, Pendidikan Dan Digital Marketing Terhadap Pendapatan Industri Mikro Dan Kecil Gorden Di Desa Blawe Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau mengetahui pengaruh modal, lama usaha, pendidikan dan Digital Marketing terhadap pendapatan industri mikro dan kecil gorden di Desa Blawe Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi modal kerja yang dikeluarkan pengusaha gorden dalam satu bulan terakhir, lama usaha pengusaha gorden, pelatihan kewirausahaan dan Digital Marketing yang diikuti oleh para pengusaha gorden. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil kuesioner yang dilakukan oleh peneliti pada pengusaha gorden di Desa Blawe. Data diolah menggunakan Eviews 12 dengan metode regresi linear berganda. Penelitian ini juga menggunakan uji asumsi klasik yang bertujuan untuk melakukan pengujian pada model penelitian agar diperoleh model yang terbaik. Hasil penelitian ini menunjukkan i) Variabel modal kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan Industri Mikro Dan Kecil Gorden Di Desa Blawe ii) Variabel lama usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan Industri Mikro Dan Kecil Gorden Di Desa Blawe iii) Variabel pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan Industri Mikro Dan Kecil Gorden Di Desa Blawe iv) Variabel Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan Industri Mikro Dan Kecil Gorden Di Desa Blawe.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprila, P., Handayani, A., Faris, A., Himawan, I., & Cahyadi, N. (2023). Pengaruh Lama Usaha, Tingkat Pendidikan, dan Teknologi terhadap Pendapatan Umkm Furnitur di Menganti. Sibatik Journal | Volume, 2(8), 2461–2468. https://publish.ojs- indonesia.com/index.php/SIBATIK
Ayustian, Y. R., Arifin, Z., & Hindarti, S. (2023). Analisis Pendapatan dan Nilai Tambah Home Industry Keripik Apel (Studi Kasus di home Industry Keripik Apel di Kota Batu). Jurnal Ketahanan Pangan, 7(2), 164–176.
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah terhadap
Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39
Harini, S. (2014). Pengaruh Pelatihan Entrepreneurship dan Manajemen Usaha terhadap Pendapatan Usaha Mikro Makanan dan Minuman. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 3(Vol 3 No 1,2 (2014)), 73–80.
Hasanah, R. L., Kholifah, D. N., & Alamsyah, D. P. (2020). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi terhadap Pendapatan UMKM di Kabupaten Purbalingga. Kinerja, 17(2), 305–313.
https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA/article/view/7492
Husaini, & Fadhlani, A. (2017). Pengaruh Modal Kerja, Lama Usaha, Jam Kerja dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Monza di Pasar Simalingkar Medan. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2), 111–120.
Jasri, Arfan, N., Hasanuddin, & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224.
Muthohharoh, U. (2016). Peningkatan Pendapatan Tenaga Kerja Wanita melalui Industri Kecil Mie Lidi di Desa Sumuragung Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(3), 1–7.
Mankiw, G. (2014). Pengantar Ekonomi Mikro. PT Salemba Empat.
Muthohharoh, U. (2016). Peningkatan Pendapatan Tenaga Kerja Wanita melalui Industri Kecil Mie Lidi di Desa Sumuragung Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(3), 1–7.
Noviono, H., & Pelitawati, D. (2019). Pengaruh Modal Kerja, Pendidikan dan Teknologi terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Umkm) di Sentra Industri Tas dan Koper Tanggulangin. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 5(2), 1–8.
Prasetyo, A., & Huda, M. (2019). Analisis Peranan Usaha Kecil Dan Menengah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Fokus Bisnis, 18(1), 26–35. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v18i1.309
Rendy. W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Menurut Persepektif Ekonomi Islam (Studi Pada Umkm Di Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat). Doctoral dissertation. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sukirno, S. (2000). Teori Pengantar Ekonomi Makro. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sukirno, S. (2003). Teori Pengantar Ekonomi Makro. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sukirno, S. (2006). Teori Pengantar Ekonomi Makro. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sukirno, S. (2016). Teori Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sulistiana, S. (2013). Pengaruh Jumlah Tenaga Kerja dan Modal terhadap Hasil Produksi
Industri Kecil Sepatu dan Sandal di Desa Sambiroto Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Journal of Thechnology Students, 1(3), 1–18.
Wicaksono. (2011). Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha, dan Jam Kerja terhadap Pendapatan Pedagang Kios di Pasar Bintoro Demak. Universitas Diponegoro.
Wispandono, R. M. M. (2013). Perumusan Strategi Pengembangan Usaha melalui Evaluasi Internal dan Eksternal ( Studi di Lingkungan Industri Kecil Sepatu Mojokerto ). Sustainable Competitive Advantage (SCA), 3(1)
DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v13i2.28902
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Neo-Bis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura