Measuring Tourists On The Marketing Mix Of Lon Malang Beach Tourism Destinations In Sampang Madura

Dewi Furtuna, A. Yahya Surya Winata

Abstract


Indikasi masalah dalam penelitian ini adalah menurunnya jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Pantai Lon Malang. Penurunan ini mengindikasikan bahwa tingkat kepuasan pengunjung tidak sesuai harapan pengelola. Tingkat kepuasan pengunjung dipengaruhi oleh bauran pemasaran destinasi wisata Pantai Lon Malang yang kurang diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bauran pemasaran destinasi wisata dan kepuasan pengunjung melalui pendekatan deskriptif dan menjelaskan pengaruh bauran pemasaran destinasi wisata terhadap kepuasan melalui pendekatan eksplanatori.

Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa kepuasan pengunjung berada pada kategori baik, begitu juga dengan bauran pemasaran destinasi pariwisata secara keseluruhan juga berada pada kategori baik. Namun, secara eksplosif, kepuasan pengunjung dipengaruhi oleh Produk (X1) dan Promosi (X3) yang disampaikan pengelola destinasi wisata Pantai Lon Malang. Sedangkan Harga (X2) dan Tempat/Distribusi (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Secara bersama-sama bauran pemasaran destinasi berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung di destinasi wisata Pantai Lon Malang.

Keywords


Kepuasan Pengunjung, Produk, Harga, Promosi, Tempat/Distribusi

Full Text:

PDF

References


Agustinawati, & Puspasari, C. (2018). Analisis Bauran Pemasaran Destinasi Pariwisata Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2), 11–17.

Aji Prasetya Hadi. (2019). Pengaruh Produk Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Tamansari Goa Sunyaragi. 13(11), 1843–1850.

Carlos Castro, J., Quisimalin, M., de Pablos, C., Gancino, V., & Jerez, J. (2017). Tourism Marketing: Measuring Tourist Satisfaction. Journal of Service Science and Management, 10(03), 280–308. https://doi.org/10.4236/jssm.2017.103023

Chef Akhilesh Pandey. (2021). A Study of Tourist Behavior in Favor of Tourism Products to Promote Tourism Marketing. International Journal of Trend in Scientific research and Development, 5(2), 662–667. https://www.ijtsrd.com/papers/ijtsrd38524.pdf%0Ahttps://www.ijtsrd.com/man agement/other/38524/a-study-of-tourist-behavior-in-favor-of-tourism-products-to- promote-tourism-marketing/chef-akhilesh-pandey

Dileep Kumar, M., Govindarajo, N. S., & Khen, M. H. S. (2020). Effect of service quality on visitor satisfaction, destination image and destination loyalty – practical, theoretical and policy implications to avitourism. International Journal of Culture, Tourism, and Hospitality Research, 14(1), 83–101. https://doi.org/10.1108/IJCTHR-04-2019-0066

Fachrozi Akram Marvi. (2017). Mengukur Kepuasan Dan Niat Mengunjungi Ulang Di Taman Nasional Karimunjawa Melalui Pengalaman Pengunjung Dan Citra Wisata. Fachrozi Akram Marvi, 2017, 1–20.

George, R. (2021). Marketing Tourism and Hospitality. In Marketing Tourism and Hospitality. https://doi.org/10.1007/978-3-030-64111-5

Hani, U. (2019). HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Kabupaten Rokan Hulu Copyright 2019 @ Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 01(01).

Ihsanudin.(2015).Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS

Regresi. Fakultas Universitas Trunojoyo Madura.

Ikmala, I. M., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Pengunjung Tempat Wisata Beejay Bakau Resort ( BJBR ) Kota Probolinggo. 7(1).

Ilham Setyanto Edriana Pangestuti. (2017). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. 72(1), 157–167.

Jargalsaikhan, B. E., Ganbaatar, N., Urtnasan, M., Uranbileg, N., Begzsuren, D., Patil, K. R., Mahajan, U. B., Unger, B. S., Goyal, S. N., Belemkar, S., Surana, S. J., Ojha, S., Patil,

C. R., Mansouri, M. T., Hemmati, A. A., Naghizadeh, B., Mard, S. A., Rezaie, A., Ghorbanzadeh, B., … Yuanita, E. (2019). 済無 No Title No Title No Title. Molecules, 9(1), 148–162. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/ 83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&fro m=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://l ink.springer.com/10.1007/978-3-319-76

Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L., & C. He, H. (2020). Principles of Marketing Eighth Europe an Edition. In Pearson education ltd (Issue 17th Edition). www.pearson.com/uk Kotler, P., Bowen, J. T., Makens, J. C., & Baloglu, S. (2016). Marketing for hospitality and tourism Seventh Edition. In Current Issues in Tourism. http://colleges.ksu.edu.sa/Arabic Colleges/CollegeOfTourism/older2/tourism/BA Courses/305 tour.doc

Mangiring, H., Simarmata, P., Indonesia, P. B., Saputra, D. H., & Purnomo, A. (2020).

Tourism Marketing (Issue May).

Purbayu Budi Santosa dan Ashari.(2005).Analisis Statistik dengan Microsoft excel dan SPSS (edisi ke-1). Semarang: ANDI Yogyakarta.

Rakhmawati, R. N. (2015). Analisis pengaruh diversifikasi produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada toko pantes di kajen kecamatan Margoyoso kabupaten Pati). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Reid, D. (2006). Hospitality Marketing Management Fourth Edition. In Wiley.

Sandria, W. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Pengunjung Taman Wisata Kampoeng Radja Di Kota Jambi. Journal Development, 7(1), 60–69. https://doi.org/10.53978/jd.v7i1.130

Shaw, S. J., & Davis, K. R. (1973). Marketing Management. In Journal of Marketing (Vol.

, Issue 1). https://doi.org/10.2307/1250781

Sofronov, B. (2019). the Development of Marketing in Tourism Industry. Annals of Spiru Haret University. Economic Series, 1(1), 117–127. https://doi.org/10.26458/1917

Tjiptono. (2000). Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Penerbit Andi Yogyakarta.

Wahyudi, R., & Yusra, I. (2021). * Correspondence to : Rifki Wahyudi. 16(2), 33369. Wearne, N., & Morrison, A. J. (2013). Hospitality marketing. Hospitality Marketing, 1–231.

https://doi.org/10.4324/9780080938486




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v13i2.28901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Neo-Bis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura