PENGARUH RETURN ON EQUITY (ROE), RETURN ON ASSETS (ROA) DAN NET INTEREST MARGIN (NIM) TERHADAP PRICE EARNING RATIO (PER) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA

- Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Equity ,Return on Assets dan Net Interest Margin secara simultan dan parsial terhadap Price Earning Rasio (PER) pada perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia, dan juga untuk mengetahui secara empiris variabel mana yang paling besar dalam mempengaruhi Price Earning Rasio (PER) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Swasta Nasional (Devisa) yang Go Public di Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai tahun 2006-2009 dan telah menerbitkan laporan keuangan secara periodik sehingga diperoleh jumlah populasi sebanyak 20 bank. Teknik purpossive sampling digunakan dalam penarikan sampel penelitian ini sehingga terpilih 13 perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Secara simultan variabel profitabilitas yang terdiri atas Return On Equity (ROE) Return On Assets (ROA) dan Net Interest Margin (NIM) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Price Earning Ratio  pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa di Bursa Efek Indonesia dan secara parsial variabel Profitabilitas yang mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Price Earning Ratio yaitu Return On Assets (ROA) dan Net Interest Margin (NIM). Sedangkan Return On Equity (ROE) mempunyai pengaruh yang positif tidak signifikan terhadap Price Earning Ratio pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa di Bursa Efek Indonesia.

Keywords


Price Earning Ratio, Return On Equity, Return On Assets dan Net Interest Margin

References


Ariyadi, Nugroho. 2004. Analisis Pengaruh rasio Profitabilitas terhadap Price Earning Ratio pada Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Tesis MM.

Brigham dan Houston. 1997. Fundamentals of Financial Management: Eighth Edition. The Dryden Press, Harcourt Brace Collage Publishers.

Brigham dan Houston. 2001. Manajemen keuangan (terjemahan). Erlangga. Jakarta.

Djarwanto. 1984. Pokok-Pokok Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama Cetakan Keenam. Yogyakarta.

Higgins, Robert C. 1990. Analysis for Financial Management second Edition, Tokyo: Toppanco.

Husnan, Suad. 1998. Manajemen Keuangan. Yogyakarta. BPFE.

Husnan, Suad. 1998. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. UPP AMP.YKPN.

http://www.idx.com, diakses 8 Maret 2010

Kasmir.2001. Manajemen Perbankan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir.2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Kurniawan, Andi. 2002. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Price Earnings Ratio (P/E) Saham-saham Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ.Tesis.MM).

Lukman, Syamsuddin. 2000. Manajemen Keuangan Perusahaan, Konsep Aplikasi dalam Perencanaan, Pengawasan dan Pengambilan Keputusan, Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Merdin.2009. Pengaruh Earning Per Share, Return Equity, Debt Equity Ratio, Terhadap Price Earning Ratio pada Perusahaan Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kendari : Universitas Haluoleo.

Merpaung, Elyzabet Indrawati. 2003. Perubahan Devidend Yeld dan PerubahanPrice Earning Rasio Berpengaruh Terhadap perubahan Harga Saham. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Vol 3, No.1

Mpaata dan Sartono. 1997. Faktor Determining Price Earning Ratio. Kelola, No. 15/VI/1997.

Muljono, Teguh Pudjo. 1999. Analisis Laporan Keuangan Untuk Perbankan. Jakarta. Djambatan.

Munawir. 2001. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta. Liberty.

Priyaningrum, Tunjungsih. 2004. Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Aktivitas, Profitabilitas, dan Rasio Kepemilikan terhadap Price Earning ratio pada Industri Manufaktur di Bursa Efek Jakarta. Tesis. MM.

Purwanto, Nanang. 2001. Analisis Fariabel-Fariabel Fundamental yang Mempengaruhi Price Earning ratio Sebagai Dasar Peneilaan harga Saham pada Perusahaan-Perusahaan yang Go Public di Bursa Efek Jakarta. (1997-1999). Semarang: UNNES.

Riyanto,Bambang. 1999. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta. Yayasan Penerbit Gadjah Mada.

Rony, Helmy. 1990. Manajemen Keuangan. Jakarta. Gunung Agung.

Santoso, Indra D 1996. Kiat Investasi di Pasar Medal. Jakarta: Megapoin.

Sartono, Agus. 1997. Manajemen Keuangan, Edisi Ketiga. Yogyakarta. BPFE.

Sartono, Agus dan Munir, Mishabul. 1997. Pengaruh Kategori Industri terhadap Prince Earning Ratio dan Faktor-faktor Penentunya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol 12, No. 3, 83-98.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. CV. Alfabeta.

Tama, Wiwin Adhi. 2005. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio. Yogyakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.

Tarmizi, Achmad dan Willyanto Kartiko Kusuno. 2003. Analisis Rasio-rasio Keuangan Sebagai Indikator dalam Memprediksi Potensi Kebangkrutan Perbankan di Indonesia. Media Ekonomi dan Bisnis, Vol. XV, No.1.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v8i2.473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura