Pengaruh jenis dan waktu aplikasi pupuk organik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis (Zea Mays L. Saccarata Strurt)

Widyana Rahmatika, Marista Anggraini

Abstract


Jagung manis termasuk komoditi yang dapat diusahakan secara intensif karena banyak digemari sehingga terbuka peluang pasar yang baik. Kebutuhan pasar akan jagung manis yang terus meningkat dan harga jagung manis yang tinggi merupakan faktor yang dapat merangsang petani untuk mengembangkan usahatani jagung manis (Hayati, 2006). Aplikasi pupuk organik dalam budidaya jagung manis dapat menjaga kesehatan dan keberlanjutan lahan, melalui penambahan pupuk organik ke lahan pertanian dapat memperbaiki kesuburan tanah karena pupuk organik dapat memperbaiki  sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  interaksi jenis pupuk organik dan saat pemberian terhadap produktivitas tanaman Jagung Manis (Zea mays L. Saccharata Sturt). Penelitian ini bertempat di Kelurahan Manisrenggo Kecamatan Manisrenggo Kota Kediri . Waktu penelitian di mulai pada bulan September 2019 November 2019. Jenis tanah yang ada di Kelurahan Manisrenggo yaitu Lempung berpasir, pH 5,5 dan ketinggian tempat 68 m dpl. Metode Penelitian yang digunakan adalah rancangan faktorial dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial (RAKF) terdiri dari 2 faktor, faktor pertama 2 level dan faktor yang kedua 3 level dan di ulang sebanyak empat kali. Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi akibat pengaruh jenis pupuk organik dan saat pemberian terhadap produktivitas tanaman Jagung Manis (Zea mays L. Saccharata Sturt) pada parameter tinggi tanaman, jumlah daun (35, 45 hst), diameter batang (28,35,42 hst).


Keywords


jagung manis; jenis; pupuk organik; saat pemberian

References


Fitriyani Elsa A, Zainal A. (2020). Pengaruh Pupuk Bokashi Terhadap Pertumbuhan Mentimun (Cucumis sativus L.) di Desa Sukawening, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(5), 881–886.

Handayanto Eko, Nurul Muddarisna, Amrullah Fiqri. (2017). Pengelolaan Kesuburan Tanah. UB Press. Universitas Brawijaya Malang

Hayati Nur. (2006). Pertumbuhan Dan Hasil Jagung Manis Pada Berbagai Waktu Aplikasi Bokashi Limbah Kulit Buah Kakao dan Pupuk Anorganik. J. Agroland, 13 (3), 256–259.

Iswahyudi, Aqidatul Izah, Ainun Nisak. (2020). Studi Penggunaan Pupuk Bokashi (Kotoran Sapi) Terhadap Tanaman Padi, Jagung & Sorgum. Jurnal Pertanian Cemara (Cendekiawan Madura), 17(1), 14 – 20.

Mulyanti SS, Usman Made, Imam Wahyudi. (2015). Pengaruh Pemberian Berbagai Jenis Bokashi Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea Mays Saccarata). Jurnal Agrotekbis, 3(5), 592 – 601.

Sitompul SM, Bambang Guritno. (1995). Analisis Pertumbuhan Tanaman. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Suminarti NE. 2015. Pengaruh Macam dan Waktu Aplikasi Bahan Organik Pada Tanaman Ubi Jalar (Ipomoea Batatas L.) Var. Kawi. Jurnal Agro, 2(1), 15–28.

Yulia AE. (2010). Aplikasi Pupuk Organik pada Tanaman Caisim Untuk Dua Kali Penanaman. Jurnal Teknobiologi, 1(2), 19–26.




DOI: https://doi.org/10.21107/agrovigor.v14i2.9845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Widyana Rahmatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.