KONTRIBUSI PEMBELAJARAN PKn DALAM NATION CHARACTER BUILDING PADA SISWA KELAS V SDIT NURUL ISLAM SIDOARJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pembelajaran PKn dalam nation character building pada siswa kelas V SDIT Nurul Islam. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan analisis deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis korelasi prodact momen dan determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran PKn yang dilakukan oleh guru kelas V SDIT Nurul Islam memperoleh persentase sebesar 85,47 persen dengan kategori baik. Nation character building yang dimiliki oleh siswa kelas V SDIT Nurul Islam memperoleh persentase sebesar 91,22 persen dengan kategori kuat. Hasil korelasi diperoleh rhitung=0,655 dengan hubungan positif kategori kuat. Uji signifikansi diperoleh thitung=5,347 lebih dari ttabel= 2,014 diyatakan bahwa ada hubungan yang singnifikan antara pembelajaran PKn dalam nation character building. Hasil determinasi sebesar 42,902 persen Dapat dikatakan bahwa terdapat kontribusi antara pembelajaran PKn dengan nation character building pada siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Darmadi, Hamidi. 2010. Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung : Alfabeta.
Hemafitria.2017. Penguatan Karakter Bangsa Melalui Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 1, No.1 (http://journal.ikippgriptk.ac.id). Diakses 18 April 2018.
Saputra. 2012. Eksistensi PKn Sebagai Pendidikan Nilai dalam Membengun
Karakter Bangsa. Vol. VIII No. 2(http://ejournal.unp.ac.id). Diakses 18 April 2018.
Werang, Basilus. 2015. Manajeman Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.
Siregar,Syofian. 2015. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiono.2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuaitatif dan RnD.Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i1.6258
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.