KONTRIBUSI PEMBELAJARAN PKn DALAM NATION CHARACTER BUILDING PADA SISWA KELAS V SDIT NURUL ISLAM SIDOARJO

Erlina Anggraini, Mahmud Mahmud

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pembelajaran PKn dalam nation character building pada siswa kelas V SDIT Nurul Islam. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan analisis deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis korelasi prodact momen dan determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran PKn yang dilakukan oleh guru kelas V SDIT Nurul Islam memperoleh persentase sebesar 85,47 persen dengan kategori baik. Nation character building yang dimiliki oleh siswa kelas V SDIT Nurul Islam memperoleh persentase sebesar 91,22 persen dengan kategori kuat. Hasil korelasi diperoleh rhitung=0,655 dengan hubungan positif kategori kuat. Uji signifikansi diperoleh thitung=5,347 > ttabel= 2,014 diyatakan bahwa ada hubungan yang singnifikan antara pembelajaran PKn dalam nation character building. Hasil determinasi sebesar 42,902 persen Dapat dikatakan bahwa terdapat kontribusi  antara pembelajaran PKn dengan nation character building pada siswa.


Keywords


Pembelajaran PKn; Sikap;Nation Character Building

References


Darmadi, Hamidi. 2010. Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung : Alfabeta.

Hemafitria.2017. Penguatan Karakter Bangsa Melalui Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 1, No.1 (http://journal.ikippgriptk.ac.id). Diakses 18 April 2018.

Saputra. 2012. Eksistensi PKn Sebagai Pendidikan Nilai dalam Membengun

Karakter Bangsa. Vol. VIII No. 2(http://ejournal.unp.ac.id). Diakses 18 April 2018.

Werang, Basilus. 2015. Manajeman Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.

Siregar,Syofian. 2015. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiono.2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuaitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i1.6258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X (Print)

Terindeks oleh: