PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan media tangram pada materi luas dan keliling bangun datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design dengan teknik pengumpulan data tes yang berbentuk pretes dan postes. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas III SDN Jatihurip tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 54. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t’ diperoleh , karena berada di daerah penolakan , maka ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan media tangram dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan media tangram pada materi luas dan keliling bangun datar. Siswa yang mendapat pembelajaran dengan media tangram memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya tanpa media tangram.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Hasanah. 2011. Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Kemampuan Pema-haman Konsep Matematis Siswa. [Online]. Tersedia: http://repository.uinjkt.ac .id/dspace/bitstream/123456789/1089/1/98163ISMA%20HASANAH-FITK.pdf. [01 Juli 2019].
Hendriana, H. dan Soemarmo U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditarna.
Kustandi, C. Dan Sutjipto B. 2013. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: The National Council of Teachers Of Mathematics, Inc.
Rahmani, W. dan N. Widyasari. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. [Online], Vol. 4, No. 1, Tersedia:https://jurnal.umj.ac.id/index. php/fbc/article/download/2402/2362 [29 April 2019].
Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i1.6256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.