PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR

Nuril Andini, Mimih Aminah, Hani Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan media tangram pada materi luas dan keliling bangun datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuasi eksperimen dengan  nonequivalent pretest-posttest control group design dengan teknik pengumpulan data tes yang berbentuk pretes dan postes. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas III SDN Jatihurip tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 54.  Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t’ diperoleh , karena  berada di daerah penolakan , maka  ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan media tangram dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan media tangram pada materi luas dan keliling bangun datar. Siswa yang mendapat pembelajaran dengan media tangram memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya tanpa media tangram.


Keywords


Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis;Media Tangram

References


Hasanah. 2011. Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Kemampuan Pema-haman Konsep Matematis Siswa. [Online]. Tersedia: http://repository.uinjkt.ac .id/dspace/bitstream/123456789/1089/1/98163ISMA%20HASANAH-FITK.pdf. [01 Juli 2019].

Hendriana, H. dan Soemarmo U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditarna.

Kustandi, C. Dan Sutjipto B. 2013. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: The National Council of Teachers Of Mathematics, Inc.

Rahmani, W. dan N. Widyasari. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. [Online], Vol. 4, No. 1, Tersedia:https://jurnal.umj.ac.id/index. php/fbc/article/download/2402/2362 [29 April 2019].

Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i1.6256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: