MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN DAN MEDIA TEKS PENGUMUMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Sri Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan model pembelajaran bertukar pasangan dan media teks pengumuman dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dan mengetahui peningkatannya melalui model pembelajaran bertukar pasangan dan media teks pengumuman. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Taruman Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan. Model yang digunakan adalah model pembelajaran bertukar pasangan dan media teks pengumuman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Hasil dari penelitian ini adalah pada siklus I pemahaman siswa meningkat. dari 42% pada kondisi awal, menjadi 63,1%. Nilai rata-rata dari 61,05 menjadi 70,78. Dari 19 siswa yang tuntas pada prasiklus ada 8 siswa, pada siklus I sebanyak 12 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan dari siklus I. Dari 19 siswa yang tuntas ada 17 siswa. Nilai tertinggi 90, nilai terendah 65, dan nilai rata-rata 81,57. Prosentase keberhasilan klasikal 89,4%. Berdasarkan data nilai yang dicapai siswa pada siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Model pembelajaran bertukar pasangan, Media teks pengumuman, Hasil belajar

References


Bahri, Djamarah, Syaiful 2006. Strategi Belajar Mengajar Jakarta : Rineka Cipta Hartantyo Slamet, 2008. Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang : LPMP Jateng.

Tim, FKIP. PDGK 4501. 2008. Pemantapan Kemampuan Profesional . Jakarta: Universitas Terbuka.

Wahyudin Dinn. 2006. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i1.5306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X (Print)

Terindeks oleh: