PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN BATORASANG 4 KECAMATAN TAMBELANGAN-SAMPANG
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar mata pelajar PKn. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa V SD Negeri Batorasang 4 Semester 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Hasil penelitian berupa peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan proses pembelajaran dengan model dan tipe ini, hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan nilai rata-rata kelas dan jumlah siswa yang tuntas belajar pada tiap siklusnya. Pada kondisi awal nilai rata-rata kelas sebesar 50 dengan siswa yang tuntas belajar sebanyak 4 siswa. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 62 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 9 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 82 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 84%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Cholisin. 2000. Materi Pokok Ilmu Kewarganegaraan-Pendidikan. Kewarganegaraan. Yogyakarta: UNY
Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Alfabeta. Bandung.
Samsuri. 2011. Pendidikan Karakter Warga Negara. Yogyakarta: Diandra Pustaka.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kencana.
Soemantri. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT. Bumi
Solihatin, Etin & Raharjo. 2007. Cooperative Learning analisis pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.
UU No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Rineka Cipta. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i1.4561
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.