PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA KELAS V SDN 010 TARAKAN

Fauziyah Haniah, Muhsinah Annisa, Kartini Kartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas instrumen tes berbasis keterampilan proses sains serta bagaimana kualitas instrumen tes berbasis keterampilan proses sains ditinjau dari segi tingkat kesukaran, daya beda, dan pengecoh pada materi benda dan sifatnya untuk kelas V SDN 010 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development desain Formative Evaluation. Hasil Penelitian terdapat 30 butir soal berupa pilihan ganda, langkah-langkah awal yaitu dilakukannya validasi oleh tim ahli dalam kategori sangat layak. Uji coba one to one dilakukan bersamaan dengan validasi ahli uji coba one to one memperoleh  respon siswa sebesar 90% dalam kategori sangat efektif. Hasil analisis program SPSS 21 menunjukkan 20 butir pertanyaan dalam kategori valid, reliabilitas yaitu r11 = 0,585 lebih dari rtabel =0,284. Hasil analisis program AnatesV4 menunjukkan tingkat kesukaran dengan kategori sukar sejumlah 1 item soal (3,3%), tingkat kesukaran soal yang berada pada kategori mudah sejumlah 1 item soal (3,3%), tingkat kesukaran soal yang berada pada kategori sangat mudah sejumlah 2 item soal (6,7%), tingkat kesukaran soal yang berada pada kategori sedang sejumlah 26 item soal (86,7%), hasil daya beda rata-rata dengan kriteria baik sejumlah 12 soal (40%), dan menghasilkan pengecoh efektif sebanyak 28 item soal (93,3%).


Keywords


bangan Instrumen Tes, Keterampilan Proses Sains, IPA

References


Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Annisa, Muhsinah, dkk. 2017. The Analysis of Science Process Skills on Natural Science Questions at Elementary Schools in Tarakan. Vol. 100

Annisa, Muhsinah., Hariyati Hamid, dan Kartini. 2016. Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Wilayah Pedalaman.” Jurnal Widya Laksana, Volume 5, Nomor 2, (Agustus): 81-84.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Lestari, Suci. 2017. Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Proses Sains Pada Materi Garam Hidrolisis. Lampung: Universitas Lampung

Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Purwanto. 2014 . Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ratnawulan, Elis dan Rusdiana. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Setyosari, Punaji.2010. Metode Penelitian dan Pengembangan. Malang: Kencana

Subali, Bambang. 2016. Prinsip Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran Edisi Kedua. Yogyakarta: UNY Press

Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Supardi. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Susilo, Heru. Pengembangan Tes Keterampilan Proses Sains Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA N 1 Pemalang. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Syutaridho, dkk. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Keliling, Luas Persegi dan Persegi Panjang dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realisitik Indonesia. Lampung: Universitas Metro

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Wati, dkk. 2015. Pengembangan Asesmen Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Bahasan Klasifikasi Materi. Vol 4, No.2

Widayanti, Esti Yuli. 2016. Pengembangan Tes Keterampilan Proses Sains SD/MI. Ponorogo: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo

Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i1.4560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: