PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA SEKOLAH DASAR

Hanafi Hanafi

Abstract


ABSTRACT

The aim of this research was increasing learning outcomes on PKn study “Sistem Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat” subject, students of class IV elementary Tambelangan 1 Tambelangan Sampang district semester 2 year school 2016/2017 through using Make a Match Method. This classroom action research consists of 4 meetings, they were 2 meetings hold on cycle 1, and 2 meetings hold on cycle 2. Each meetings has implemented as each RPP record so be able to increase learning outcomes of students, According to the result of this research, researcher concluded that implementation of this learning increased learing outcomes so students’s value that before this research implemented still very low grade average such as only 58 grade average, and be more after cycle 1 implemented it was be 72, and be 87 on cycle 2 with 81% classical completnes.

 

Keywords: Make a match, PKn, Learning Outcomes 

 

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Materi “Sistem Organisasi Pemerintahan Tingkat Pusat” Siswa Kelas IV SDN Tambelangan 1 Semester 2 Tahun Ajaran 2016/2017 melalui Penggunaan Metode Make a match Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 pertemuan, yaitu 2 pertemuan pada siklus 1, dan 2 pertemuan pada siklus 2. Masing-masing pertemuan telah dilaksanakan sesuai dengan RPP masing-masing pertemuan sehingga dapat menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang baik.  Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar sehingga nilai siswa yang sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas ini masih sangat rendah yaitu rata-rata 58 dengan ketuntasan klasikal 38%; pada siklus 1 meningkat menjadi rata-rata 72 dengan ketuntasan klasikal 52%; dan pada siklus 2 meningkat pesat menjadi rata-rata 87 dengna ketuntasan klasikal 81%.

 


Keywords


Make a match; PKn; hasil belajar

References


Agus Suprijono, 2009, Kooperatif Learning Teori Dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta, pustaka pelajar

Aziz wahab, dkk, (2008) Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Dimyati, Mujiono. 2002. Hasil Belajar. Reneka Cipta. Yogyakatra.

Syah, Muhibbin, (2007). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Utami Munandar, 2005. Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah, Petunjuk para Guru dan Orang tua, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Winarno. 2008. Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i2.3867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: