PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL MACROMEDIA FLASH DAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Muhtarom Muhtarom

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa SD melalu penggunaan media Power point dan macromedia flash. Subjek penelitian ini adalah kelas III, yang berjumlah 20 siswa di SD Pendabah 3 Kec  Kamal Bangkalan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes awal, tes hasil belajar I dan II, observasi dan wawancara. Tes yang diberikan masing-masing sebanyak 10 soal. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan awal siswa. Dari hasil tes awal diperoleh 12 dari 20 siswa belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 59.20 dan tingkat ketuntasan belajar klasikal 60,00%. terdapat 14 dari 20 siswa mencapai ketuntasan belajar sedangkan 6 siswa lainnya belum tuntas dengan rata-rata kelas 64,90 dan tingkat ketuntasan belajar klasikal 70,00%. Karena ketuntasan belajar klasikal belum tercapai maka dilanjutkan ke siklus II. Setelah tindakan siklus II diberikan , yaitu melakukan interaktif dengan media komputer, terdapat 17 dari 20 siswa mencapai ketuntasan belajar dan 3 siswa lainnya belum tuntas dengan rata-rata kelas 82,35 dan tingkat ketuntasan belajar klasikal 85,00%.

Keywords


Hasil Belajar; Macromedia Flash; Media Pembelajaran,

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Mengajar. Jakarta: Penerbit Rineka Citra.

Nur Fajariyah, Defi Triratnawati. 2008. Cerdas Berhitung Matematika Untuk SD/MI Kelas III, Penerbit : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan. 2007. Buku Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa dan Standar Operasional (SOP) Kepembimbingan Skripsi Program Studi Pendidikan, FMIPA, Unimed, Medan.

Sianipar, P. 2005. Membuat Presentasi Cantik dengan PowerPoint 2002. Jakarta: Penerbit

Gramedia.

Sriyanto, H.J. 2007. Strategi Sukses Menguasai Matematika. Yogyakarta: Penerbit Indonesia

Cerdas.

Tim PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), Depdikbud, Jakarta.

Yudhiantoro, D. 2006. Membuat Animasi Web dengan Macromedia Flash Professional

Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Zainal Aqib, 2010. Profesional Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Sukidin, Basrowi, Suranto, 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya:

insan Cendikia.

Sutrisno Hadi, 1996. Statistik 2. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v4i2.2888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: