PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI EKSPOSITORY DAN BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN

Khusnul Hotima

Abstract


Perbedaan hasil belajar mata kuliah strategi pembelajaran pada mahasiswa STKIP PGRI Situbondo, menekankan bahwa penggunakaan strategi menghasilkan dampak yang signifan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa antara menggunakan strategi eskpostori dan strategi berbasis masalah. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen dengan tipe Non Equivalent Control Group design. Teknik Pengambilan sampel adalah Non probability sampling. Sampel Penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Kelas VA dan Vb yang berjumlah 78. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui keadaan awal siswa yang diperoleh dari tugas sebelumnya. Teknik analisis data yng digunakan adalah Uji T independen. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan strategi eskpository (nilai mean= 70,55) dan berbasis masalah (nilai mean yaitu 83,17) terhadap hasil belajar strategi pembelajaran,. Hasil perbedaan diperoleh thitung lebih dari ttabel yaitu 2,87lebih dari2,000 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti ada perbedaan hasil mahasiswa dengan menggunakan strategi ekspository dan berbasis masalah pada mata kuliah strategi pembelajaran


Keywords


Evaluasi Pembelajaran; Strategi Ekspository; Strategi Berbasis Masalah,

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. 2000. Statistik II.

Moh. Nazir. 1983. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia Passaribu dan Simanjuntak. 1983. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito

Sriyono, dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung:

Suhito. 1986. Strategi Belajar Mengajar. Semarang : FMIPA IKIP Semarang PressSurachmat Winarno. 1982. Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito

Tim MKDK. 1989. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v4i2.2886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: