MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB ISI DONGENG MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK MELALUI BIMBINGAN DAN LATIHAN

Torima Torima

Abstract


Salah satu permasalahan yang menyangkut pengelolaan proses belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD adalah kurangnya pengetahuan bagi guru SD, serta terbatasnya dana dan sarana tentang bagaimana cara membuat dan menggunakan media / alat peraga dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Di sisi lain pentingnya media/alat peraga dalam pembelajaran Bahasa Indonesia telah diakui oleh semua jajaran pengelola pendidikan dan para ahli pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah menjawab isi dongeng di kelas III SDN Demangan 3 Bangkalan semester I dengan metode bimbingan dan latihan. Tujuan pembelajaran dalam penelitian ini adalah dengan metode bimbingan dan latihan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab isi dongeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas III SDN Demangan 3 Bangkalan semester I tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data tentang kemampuan siswa menggunakan metode bimbingan dan latihan, dilakukan melalui observasi dan evaluasi pada akhir pembelajaran. Penelitian ini dilakukan melalui metode bimbingan dan latihan secara berkelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan prosentase ketuntasan sebesar 40%, 60% dan 80%. Secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan metode bimbingan dan latihan mulai pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan peningkatan baik kemampuan siswa, maupun pemahaman subjek penelitian terhadap isi dongeng

Keywords


Kemampuan Siswa, Bimbingan dan Latihan



DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v3i1.2646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X (Print)

Terindeks oleh: