MANAJEMEN SEKOLAH DASAR BERBASIS AKUNTABILITAS KINERJA

Syunu Trihantoyo

Abstract


Kompleksnya persaingan global menuntut sekolah sebagai lembaga pendidikan untuk mampu berkompetisi. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memperbaiki pengelolaan pada jenjang sekolah dasar dengan menerapkan konsep manajemen berbasis sekolah, dimana terdapat pilar partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas. Akuntabilitas kinerja merupakan bentuk pelaporan pertanggungjawaban sekolah dalam melaksanakan aktifitas/ program sekolah, dimana kinerja sekolah terdiri dari komponen input-proses-output yang secara simultan saling berkait. Tujuh substansi manajemen sekolah menjadi poin dalam mengidentifikasi kinerja sekolah, ketujuh hal tersebut adalah manajemen kurikulum, peserta didik, sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan masyarakat, dan layanan khusus. Adanya akuntabilitas kinerja sekolah dapat membantu sekolah, masyarakat, maupun pemerintah untuk mengenali profil dan ketercapaian program sekolah lebih dalam.


Keywords


manajemen pendidikan, sekolah dasar, akuntabilitas kinerja



DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v3i1.1685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Widyagogik



Creative Commons License

ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X (Print)

Terindeks oleh: