Analisis Penerapan Pembelajaran Cooperative Learning Model STAD Berbantukan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah TIK

Fachrur Rozie

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganilisis Penerapan pembelajaran Cooperative Learning Model STAD berbantukan multimedia dengan tujuan meningkatkan hasil belajar mahasiswa PGSD pada mata kuliah TIK. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian dan analisis pembahasan menunjukan bahwa Persentase hasil belajar mahasiswa PGSD Semester III Kelas E Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univ. Trunojoyo Madura dalam matakuliah TIK di SD mengalami peningkatan terlihat pada siklus I adalah 64, 9 % dengan 14 mahasiswa belum tuntas dan pada siklus II adalah 83, 8 % dengan 7 mahasiswa belum tuntas. Dengan demikian pembelajaran dikatakan tuntas dan meningkat pada setiap pertemuan.


Keywords


STAD, Hasil Belajar, TIK di SD



DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v3i1.1679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Widyagogik



Creative Commons License

ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X (Print)

Terindeks oleh: