APLIKASI DETEKSI WAJAH WAKTU NYATA UNTUK PENGENAL TAMU

Suyatno Suyatno

Abstract


Perubahan teknologi mendorong manusia untuk lebih efisien dalam melakukan pekerjaan sehari - hari. Perubahan metode kerja dan sumber daya manusia secrara efektif dan efisien yang didukung oleh kondisi lingkungan yang baik dalam memberikan layanan kepada publik. Penelitian  ini bertujuan untuk mendapatkan program aplikasi yang dapat memberikan sapaan kepada tamu(digital recepsionis) berdasrkan obyek yang diterima oleh kamera. Pembuatan Aplikasi deteksi wajah pada pelayanan tamu secara otomatis dilakukan dengan menggunakan program Visual C++ dalam hal ini MFC dan OCx yang dapat mengakses beberapa peralatan yang dihubungkan dengan aplikasi tersebut, pendukung dari alat tersebut adalah kamera web.Perpaduan antara software dan hardware dapat diakses dengan menggunakan program C++. Penerima Tamu secara otomatis menggunakan camera web, akan lebih effisien dalam memberikan pelayanan kepada publik. Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah  dapat diimplementasikan  dalam pelayanan publik di perkantoran, hotel,pertokoan ataupun rumah.

References


Achmad Basuki, Jozua F. Palandi, Fatchurrochman, ”Pengolahan Citra Digital menggunakan Visual Basic”

Garcia Gines-Marteen, Alberto, E. Lopez Pedro, “Face Detection Using Integral Projection Models”, Dept. Informatica Sistemas, Dept. De Ingenieria tecnologia de Computer University of Murcia, Murcia Spain.

Y. Lee Joy, I. Yoo suk, “An Elliptical Boundary Model for Skin Color Detection”, School of Computer Science and Engeneering, Seul National University Shilim-Dong. Gwanak-Gu, Seul 151-742, Korea

Lisapaly Leonard, “Scientific Side of a Sketch”, program Geofisika- Universitas Indonesia

Zhou Zhi-Hua. Geng Xin, “Projection function for Eye detection”, State key Laboratory for novel software technology, nanjing University, nanjing 210093, China

Tomaz Filipe, Candeias Tiago, Shabibazkia Hamid, “Improved Automatic Skin detection in Color Image”, Universidade do Algarve, FCT, Campus de Ganbelas-Faro, Portugal.

Wahyudi Rochmat, “SPY Robot Navigation-3D Gazing Head – Software Image Processing”, PENS-ITS, 2003

Rahmadijanti Nana, “Digital Image Processing”, PENS-ITS

Riyanto Sigit, St,M.Kom Drs. Achmad Basuki, M.Kom., Nana Ramadijanti, S.Kom.,M.Kom.,Dr Ir. Dadet Pramadihanto, M.Eng., ” Step by Step Pengolahan Citra Digital”.

Ma’ady, MNP, “On Featured IoT for Smart Public Transportation with Cloud-based Machine Learning”, NJCA, 2018.




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v8i1.4709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Suyatno Suyatno

Indexed By