EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KUALITAS WEBSITE DENGAN PENDEKATAN WEBQUAL 4.0 DAN EUCS PADA RADARSIDOARJO.COM
Abstract
Penelitian ini akan mendorong kepuasan pengguna dalam hal kualitas website RadarSidoarjo.com dengan menggunakan pendekatan dengan WebQual 4.0 dan EUCS. Tahapan penelitian terdiri dari identifikasi masalah, penyusunan instrumen penelitian berupa kuesioner, pengumpulan data dari pengguna situs. Instrumen penelitian ini terdiri dari empat aspek yaitu usability (kemudahan penggunaan), information quality (kualitas informasi), service interaction quality (kualitas interaksi layanan), dan ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan (timeliness). Proses pengujian terdiri dari analisis data, dengan bantuan software SmartPLS 4.0, dalam dua tahap yaitu analisis model pengukuran, atau disebut outer model, yang berarti pengujian reliabilitas dan validitas instrumen, dan analisis model struktural, atau inner model yang berarti pengujian hubungan antar variabel. Hasil analisis outer model menunjukkan bahwa validitas dan reliabilitas untuk semua indikator baik, dengan nilai Composite Reliability untuk setiap variabel lebih dari 70%. Pada analisis inner model, variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap kepuasan pengguna adalah variabel ketepatan waktu sebesar 39,4%, diikuti oleh variabel kegunaan sebesar 18,3%, kualitas informasi sebesar 23,5%, dan kualitas interaksi layanan sebesar 15,6%. Hal ini juga membuktikan bahwa waktu penyegaran informasi merupakan faktor terpenting yang menentukan kepuasan pengguna pada situs web RadarSidoarjo.com. Pengelola situs disarankan untuk lebih meningkatkan frekuensi penyegaran informasi dan mempermudah penggunaan situs. Semoga penelitian ini dapat menjadi acuan untuk penelitian selanjutnya tentang pengembangan kualitas situs web media daring.
Kata kunci: EUCS, Kepuasan Pengguna, Kualitas Website, WebQual 4.0
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Darwati, L., & Fitriyani, F, ”Analisis pengukuran tingkat kepuasan pengguna aplikasi OVO menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 12(2), 2022.
D. Maharani, F. Helmiah, and N. Rahmadani, “Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19,” Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, vol. 1, no. 1, pp. 1–7, May 2021, doi: 10.25008/abdiformatika.v1i1.130.
Widodo, A. S., ”Peran Internet dalam Meningkatkan Jumlah Pekerja Lepas di Indonesia,” Nyimak: Journal of Communication, 3(2), 191-202, 2019.
S. Santoso, “ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP BERITA KASUS MEILIANA DI MEDIA ONLINE,” Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, vol. 12, no. 2, 2020.
Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y, ”Hambatan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi,” In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2019.
Arsyati, A. M., & Chandra, V. K., ”Assesment kesiapan kader posyandu dalam pelatihan penggunaan media online,” Hearty, 8(1), 2020.
Julianto, V., Suprianto, A., Prastyaningsih, Y., & Yuliyanti, W., ”Pelatihan pembuatan dan pengelolaan website sekolah sebagai media informasi untuk operator sekolah se-Kecamatan Batu Ampar,” Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 62-67, 2021.
Nova, Sausan Hidayah, Aris Puji Widodo, and Budi Warsito, ”Analisis Metode Agile pada Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: Systematic Literature Review,” Techno. com, 21(1), 2022.
G. A. Immanuel and R. Setiawan, “IMPLEMENTASI METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS UNTUK PENGUKURAN KUALITAS SISTEM INFORMASI AKADEMIK,” Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri, vol. 3, no. 2, pp. 181–190, Oct. 2020, doi: https://doi.org/10.33479/kurawal.v3i2.350.
K. R. Prasianto and K. D. Hartomo, “Pengujian Sistem Informasi Pelayanan Desa Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 6, no. 1, p. 1, Jan. 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3286.
N. Khatimah Ismatullah et al., “The Indonesian Journal of Health Promotion MPPKI Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia Model EUCS (End User Computing Satisfaction) untuk Evaluasi Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Bidang Kesehatan : Literature Review,” vol. 5, no. 5, p. 463, 2022, doi: 10.31934/mppki.v2i3.
I. Rusi, “Implementasi Webqual dan End-User Computing Satisfaction untuk Menganalisis Kualitas dan Kepuasan Pengguna Website,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 11, no. 2, pp. 154–161, Aug. 2022, doi: 10.32736/sisfokom.v11i2.1244.
Prasongko, G., & Nurdin, S. R., “Analisis Kualitas Sistem Informasi MELISA Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan EUCS (End-User Computing Satisfaction),” Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 4(2), 70-76, 2023.
Agustina, R., & Abdillah, L. A., “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bintang Cash & Credit Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” arXiv preprint arXiv:2207.00642, 692-701, 2022.
F. Muttakin, D. Dwi Aprillia, and M. Kumalasari, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website Terhadap Pengguna Akhir Menggunakan Webqual 4.0,” Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), vol. 3, no. 3, pp. 300–308, Dec. 2022, doi: 10.37859/coscitech.v3i3.4403.
I. Habiba and G. Wijaya, “Pengukuran Kualitas Website Skill Academy Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Paradigma - Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 24, no. 1, pp. 29–36, Mar. 2022, doi: 10.31294/paradigma.v24i1.963.
DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v12i2.23320
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 mochammad syahrul abidin, Yeni Kustiyahningsih
Indexed By
.png)

11.png)




