SIMULASI KLASIFIKASI HAMA DAN PENYAKIT PADA JAGUNG DENGAN NAIVE BAYES

Muhammad Mushlih Suhadi, M. Alauddin Helmi, Wahyudi Setiawan

Abstract


Jagung merupakan komoditas pertanian terpenting setelah padi. Produktivitas jagung perlu senantiasa ditingkatkan dalam rangka swasembada jagung nasional. Jagung selain sebagai pangan juga digunakan untuk pakan (hewan), dan bahan baku industri. Salah satu hal yang dapat digunakan untuk memperbaiki produktivitas jagung yaitu dengan melakukan pencegahan terhadap serangan hama dan penyakit. Untuk itu perlu dibuat sistem untuk menyimpan pengetahuan tersebut. Pada artikel ini dibahas tentang klasifikasi hama dan penyakit pada tanaman jagung menggunakan Naive Bayes Classifier. Data yang digunakan berasal dari Dinas Pertanian Kabupaten Bangkalan. Data terdiri dari 15 hama dan penyakit serta 46 gejala. Ujicoba sistem dilakukan dengan simulasi melalui pengamatan terhadap 15 citra tanaman jagung. Hasil dari pengamatan secara langsung selanjutnya menjadi entri data untuk diolah menggunakan metode Naive Bayes. Untuk keperluan validasi hasil mining dari sistem dibandingkan dengan pendapat pakar. Uji validasi dari pakar menunjukkan prosentase kesesuaian hingga 73,33%.


References


B. P. T. P. N. Badan Ketahanan Pangan Dan Penyuluh Pertanian Aceh, “Budidaya Tanaman Jagung,” Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, pp. 1–21, 2009.

T. Mutiarawati, F. Pertanian, and U. Padjadjaran, “Penanganan Pasca Panen Hasil Pertanian,” 2007.

E. Munanda and N. Prihatin, “Tanaman Jagung Menggunakan Fuzzy Mcdm Berbasis Web,” J. Litek, vol. 10, no. 2, pp. 113–117, 2010.

S. Wulandari, “Aplikasi Sistem pakar mendiagnosa Penyakit pada Tanaman Jagung menggunakan metode Backward Chaining,” 2019.

Rais, “Klasifikasi hama dan penyakit Tanaman Jagung dengan menggunakan Neural Network berbasis Algoritma Genetika,” in SENIT, 2016, vol. 1, pp. 51–56.

K. M. Khoirunnisak, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Jagung Dengan Metode Dempster Shafer,” 2005.

A. Syarifudin et al., “Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Pada Tanaman Jagung Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Android,” Semesta Tek., vol. 21, no. 2, pp. 1492–1500, 2018.

M. Syarief, A. Mukminin, N. Prastiti, and W. Setiawan, “Penerapan Metode Naive Bayes Classifier Untuk Deteksi Penyakit pada Tanaman Jagung,” Nero, vol. 3, no. 1, pp. 61–68, 2017.




DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v10i1.11686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 wahyudi setiawan

Indexed By