Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal di TK Batara Bira

Nur Halisa, Muhammad Akil Musi, Fitriani Dzulfadhilah, Angri Lismayani

Abstract


Pendidikan karakter pada anak usia dini merupakan landasan utama dalam pembentukan kepribadian berakhlak mulia. Namun, implementasinya di lapangan masih menghadapi berbagai kendala, terutama karena pendekatan yang digunakan cenderung bersifat umum dan kurang kontekstual. Kearifan lokal sebagai warisan budaya mengandung nilai-nilai moral yang relevan dan aplikatif dalam kehidupan anak. Oleh karena itu, kajian mengenai integrasi kearifan lokal dalam pendidikan karakter menjadi urgensi tersendiri untuk memperkuat internalisasi nilai-nilai karakter yang sesuai dengan konteks sosial budaya anak sejak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif oleh Miles dan Huberman. Teknik untuk menguji keabsahan data melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kearifan lokal seperti sipakatau (saling menghargai), sipakalebbi (saling menghormati), sipakainge (saling mengingatkan), lempu’ (kejujuran), warani (berani), dan ammaccang (kecendekiaan) diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Implementasi nilai-nilai tersebut berdampak positif terhadap perilaku positif anak, memiliki moral yang baik, karakter yang kuat, dengan pendekatan budaya lokal, pendidikan karakter menjadi lebih kontekstual dan bermakna bagi anak dan tidak melupakan identitas budaya mereka.


Keywords


Anak Usia Dini; Kearifan Lokal; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2020). Manajemen Pendidikan Kontemporer: Konstruksi Pendekatan Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal. CV Cendekia Press.

Arif, H. M., Munirah, M. P., Haluty, R., Harahap, S., Umalihayati, S., Km, S., Iswahyudi, M. S., Prastawa, S., Jumardi, M. P., & Darisman, D. (2024). Pendidikan Karakter Di Era Digital. CV Rey Media Grafika.

Baka, W. K., Rianse, I. S., & la Zulfikar, Z. (2024). Palm oil business partnership sustainability through the role of social capital and local wisdom: evidence from palm oil plantations in Indonesia. Sustainability, 16(17), 7541.

Bhushan, S., & Mohan, A. (2017). Higher Education in the World 6. Towards a Socially Responsible University: Balancing the Global with the Local: Chapter 5. Towards a Socially Responsible University: Balancing the Global with the Local, 315–329.

Damayanti, K. K. (2023). Proses Pembelajaran dan Perkembangan Kognisi Menurut Perspektif Jean Piaget. Journal of Life Span Development, 1(1), 39–54.

Djonko-Moore, C. M., Leonard, J., Holifield, Q., Bailey, E. B., & Almughyirah, S. M. (2018). Using culturally relevant experiential education to enhance urban children’s knowledge and engagement in science. Journal of Experiential Education, 41(2), 137–153.

Doyle, T. (2023). Helping students learn in a learner-centered environment: A guide to facilitating learning in higher education. Taylor & Francis.

Fa’idah, M. L. (2025). Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Kearifan Lokal: Upaya Membentuk Karakter Bangsa yang Berakhlak Mulia. AT-TAKILLAH: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 3(1), 21–27.

Fadlullah, M., Tahir, M., & Sobri, M. (2025). Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Negeri 5 Sila. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1080–1090.

Hadi, K., & Manurung, B. (2020). PCK analysis of teachers in Biology Learning Process using teaching material based on local wisdom by integrating character education through PBI models. Journal of Physics: Conference Series, 1477(4), 42056.

Hong, W.-P., & Youngs, P. (2019). Why are teachers afraid of curricular autonomy? Contradictory effects of the new national curriculum in South Korea. In Teachers’ Perceptions, Experience and Learning (pp. 19–32). Routledge.

Ibda, F. (2023). Perkembangan Moral Dalam Pandangan Lawrence Kohlberg. Intelektualita, 12(1).

Jannah, H. F., Fachry, M. N., Rahmadani, T. N., & Tajiri, H. (2025). Peran MDTA AL-Lain dalam Membentuk Karakter Islami Anak Usia Dini. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 6(5), 1–10.

Keliat, D. P., Amirudin, A., & Luqman, Y. (2021). Chances and challenges of Local Wisdom as a management model toward sustainable fisheries. E3S Web of Conferences, 317, 1055.

Kurniati, E., Sari, N., & Nurhasanah, N. (2021). Pemulihan pascabencana pada anak usia dini dalam perspektif teori ekologi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 579–587.

Mahmuda, M., Syahputri, L., Puspita, A., & Wiguna, S. (2024).

Optimalisasi Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Aspirasi: Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(6), 189–200.

Marhayani, D. (2016). Development of character education based on local wisdom in indegenous people Tengahan Sedangagung. Journal of Education, Teaching and Learning, 1(2), 66–70.

Miles, J. (2021). Curriculum reform in a culture of redress: How social and political pressures are shaping social studies curriculum in Canada. Journal of Curriculum Studies, 53(1), 47–64.

Muhammad, A. R., Suhaimi, S., Zulfikar, T., Sulaiman, S., & Masrizal, M. (2021). Integration of Character Education Based on Local Culture through Online Learning in Madras Ahaliyah. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(6), 3293–3304.

Perez-Ferra, M., Quijano-Lopez, R., & García-Martínez, I. (2020). Impact of educational habits on the learning of 3–6 year old children from the perspective of early childhood education teachers. Sustainability, 12(11), 4388.

Prihono dkk., 2020. (2020). The Implementation of Character Education through Local Wisdom Based Learning. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www. Ijicc. Net Volume 11, Issue 4, 2020.

Rismawati, L., & Al-Pansori, M. J. (2025). Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran IPS untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. Kasta: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan, 5(1), 43–53.

Rohayani, F. (2025). Integrasi Ajaran Filsafat Agama Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Meningkatkan Toleransi Dan Empati. Sophia Dharma: Jurnal Filsafat, Agama Hindu, Dan Masyarakat, 8(1), 48–70.

Ruyadi, Y. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Indonesia).

Saihu, M., Aziz, A., Mubin, F., & Sarnoto, A. Z. (2020). Design of Islamic Education Based on Local Wisdom (An Analysis of Social Learning Theories in Forming Character through Ngejot Tradition in Bali). International Journal of Advanced Science and Technology, 29(6).

Setiartin, R. T. (2021). Revitalization of oral traditions in Tasikmalaya district as a learning media to plant character education values and multicultural insights of students. Journal of Language and Linguistic Studies, 17(3), 1379–1391.

Sholeh, M. I., Lestari, A., Erningsih, E., Yasin, F., Saleh, F., Suhartawan, V. V., Pattiasina, P. J., Widya, A., Sampe, F., & Fadilah, N. N. (2024). Manajemen Kurikulum. CV. Gita Lentera.

Sitorus, A. S., & Achadi, M. W. (2025). Strategi, Implementasi dan Evaluasi Pendidikan Karakter di SD IT Anak Soleh. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(3), 421–434.

Widiastuti, D. O., Prayogi, A., Arif, M. Z., & Saputro, A. D. (2025). Metode Pendidikan Berdasar Hadis dalam Pembentukan Karakter Anak. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1–9.

Zulkarnaen, M. (2022). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di era milenial. AL MA’ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 4(1), 1–11.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v12i2.30132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nur Halisa, Muhammad Akil Musi, Fitriani Dzulfadhilah, Angri Lismayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats