TARIAN RANUP LAMPUAN: MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI

Ade Tursina, Rita Mahriza, Agus Ramaida

Abstract


Perkembangan fisik motorik kasar menjadi penting bagi anak usia dini karena berkaitan dengan aspek perkembangan lainnya seperti kepercayaan diri maupun konsep diri, sehingga perlu stimulasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan guru dalam upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui Tarian Ranup Lampuan di TK Islam Nasurullah dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan perkembangan motorik kasar anak melalui Tarian Ranup Lampuan di TK Islam Nasurullah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (action classroom research) melalui dua siklus dengan melibatkan sebanyak 17 anak pada kelompok B di TK Islam Nasurullah.  Hasil penelitian ini berupa peningkatan kemampuan guru dalam mengoptimalkan kemampuan motorik kasar anak melalui tarian Ranup Lampuan. Hal ini tampak dari keseluruhan kemampuan guru yaitu siklus I mendapat nilai rata-rata 3,3 dengan kategori “Baik” dan pada siklus II yaitu dengan nilai rata-rata 4,0 dengan kategori “Sangat Baik” dan Tarian Ranup Lampuan dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B1. Apabila dilihat dari hasil rata-rata ketercapaian anak pada siklus 1 yaitu 57,2%, dengan kriteria “Berkembang Sesuai Harapan”. Sedangkan pada siklus II anak meningkat mencapai nilai rata-rata 86,6% dengan kriteria “Berkembang Sangat Baik”. Hal ini telah mencapai kriteria keberhasilan yakni 80%.


Keywords


Kemampuan Fisik; Motorik Kasar; Tari Ranup Lampuan; Anak

Full Text:

PDF

References


Aghnaita, A. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak 3(2): 219-234.

Agusriani, A. (2015). Peningkatan kemampuan motorik kasar dan kepercayaan diri melalui bermain gerak. Jurnal Pendidikan Usia Dini 9(1): 33-50.

Agustina, R. (2018). Makna tari ranup lampuan (dengan pemberian uang di dalamnya) bagi masyarakat Banda Aceh, ISI Yogyakarta.

Akbar, M. and A. Maryani (2019). Pesan dalam Tari Ranup Lampuan.

Ananda, R. and F. Fadhilaturrahmi (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal Basicedu 2(2): 11-21.

Anggraini, D. D. and A. Ittari (2016). Peningkatan Keterampilam Motorik Kasar Melalui Kegiatan Tari Binatang pada Anak Kelompok B TK PGRI I Langkap.Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 3(2): 128-137.

Apriani, R., et al. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Biologi dengan Menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) di SMAN 2 Bengkulu Tengah. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(1).

Daryanto, T.(2012). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media.

Decaprio, Richard. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta : DIVA Press.

Febriana, A. and L. E. Kusumaningtyas (2017). Meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam pada anak kelompok b usia 5-6 tahun.Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD 2(2).

Handawi, J. A. (2020). Upaya peningkatan kemampuan motorik kasar melalui tari tradisional Indang Badindin pada anak kelompok B di Raudhatul Athfal Darul Ulum Sukorambi Jember Tahun Pelajaran 2019/2020, Institut Agama Islam Negeri Jember.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak 5(1).

Helmida, U., et al. (2021). Pengaruh Tari Piring Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tahfidz Al Munawarah Desa Kualu Nenas Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Tambusai 5(2): 2821-2826.

KHOLISOH, S. N. (2019). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Cerita Nabi Muhammad Al Amin Di Kelompok A Ra Nurul Ummah Kenep Tahun Pelajaran 2018/2019, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

Lubis, T. (2019). Makna Ekoleksikal dan Kultural Ranub pada Tutur Guyub Aceh.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja, Sleman: Deepublish.

Parnawi, A. (2020). Penelitian tindakan kelas (classroom action research), Sleman: Deepublish.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Ratnayanti, R., & Kustiawan, U. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tari Kreasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Siswa Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa. Jurnal Ortopedagogia. 1(3). 238-244.

Riswandi, F. N. (2021). Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui pengembangan model permainan sirkuit anak usia 5-6 tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. 8(1). 66-78.

Romlah. (2017). Pengaruh motorik halus dan motorik kasar terhadap perkembangan kreatifitas anak usia dini. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah . 2(2). 131-137.

Ulfah, A. A., et al. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 1844-1852.

Wulandari, R. T. (2017). Pembelajaran olah gerak dan tari sebagai sarana ekspresi dan apresiasi seni bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan: 1-18.

Yetti, Elindra. (2017). Model pembelajaran tari pendidikan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini. Makassar: LPP- Mitra Edukasi.

Yusnita, Nuria Mulyani, Ita Paramita. (2021). Hubungan antara riwayat stimulasi motorik kasar dengan emosi anak. Jurnal ilmiah kesehatan. 10(1). 48-53.

Zuhra, N. and D. Saragi (2022). Pembelajaran Kearifan Lokal Berbasis Tari Tradisional Aceh Ranup Lampuan Pada Anak Usia Dini Di Tk Negeri Nanggroe Pidie Jaya. Seminar Nasional 2022-NBM Arts.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.16478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ade tursina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats