PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI UNTUK ANAK USIA DINI

Yuniar Eka Putri, Rd Funny Mustikasari Elita, Ilham Gemiharto

Abstract


Kebijakan social distancing dan physical distancing yang ditetapkan pemerintah dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 memberikan dampak pada kegiatan belajar mengajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Proses belajar mengajar pada anak usia dini yang cenderung melibatkan tatap muka, interaksi dan keterlibatan secara langsung harus dilakukan melalui pembelajaran online atau daring. Diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat menciptakan atmosfer sekolah walaupun kegiatan sekolah ditutup, yaitu melalui pemanfaatan media sosial WhatsApp karena dinilai sangat mudah digunakan bagi orang tua  dan memiliki banyak fitur yang memudahkan kegiatan belajar mengajar bagi anak usia dini. Penelitian ini mengambil tujuan untuk melihat bagaimana dan sejauh apa pemanfaatan media sosial WhatsApp dapat mengubah perilaku belajar anak usia dini di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan mengambil lokus penelitian di TPA Bale Bermain Anwari Jakarta Timur. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media sosial WhatsApp dinilai cukup efektif sebagai media pembelajaran daring karena dapat menjadi sarana edukasi dan evaluasi dari kegiatan belajar mengajar bagi anak usia dini. Namun demikian, penggunaan jaringan internet masih menjadi kendala bagi guru dan orang tua  sehingga membutuhkan kebijakan baru dalam dunia pendidikan selama masa pandemi agar tetap tercipta pendidikan Indonesia yang bermutu dan berkualitas.


Keywords


Pembelajaran Daring; Pendidikan Anak Usia Dini; WhatsApp

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Ariyanto, R. D., Andrianie, S., & Hanggara, G. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19: Tantangan Dan Kontribusi. Prosiding Webinar Nasional Pendidikan FIP 2020, 1(1), 128–135.

Bouhnik, D., Deshen, M., & Gan, R. (2014). WhatsApp goes to school: Mobile instant messaging between teachers and students. Journal of Information Technology Education: Research, 13(1), 217–231.

BPS. (2021). www.bps.go.id.

Daft, R. L., & Lengel, R. H. (1986). Organizational information requirements, media richness and structural design. Management Science, 32(5), 554–571.

Dariyatun, D. (2021). Menjaga Mutu Pendidikan PAUD pada Masa Pandemi Covid-19 dengan Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ). Korwil Dindikpora, 9(1), 58–64.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19, 18–26.

Harmoni, A. (2011). Media richness theory dan potensi website sebagai media komunikasi csr oleh perusahaan. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Program Studi Sistem Informasi.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada PAUD di TK ABA Kleco Kotagede. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 126–130.

Karlina, E., Suratriadi, P., Mutiah, T., & Kurniawan, F. (2021). Whatsapp sebagai media literasi digital sebagai media untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi.Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(1), 41–50.

Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? The Internet and Higher Education, 14(2), 129–135.

Priasti, silvia nur, & Suyatno. (2021). Jurnal Kependidikan: Jurnal Kependidikan, 7(2), 395–407.

Primasari, D I. F. N., & Zulela, Z. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.

Sari, D. D. (2021). PEMANFAATAN WHATSAPP GROUP SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI GURU DAN ORANG TUA SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID 19. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 79–88.

Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(September), 133–140. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/3394

Suhendro, E., & Syaefudin, S. (2020). Nilai-nilai Kemanusian dalam Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 1–12.

Suryani, A., & Widiyastuti, A. (2021). Pemanfaatan Sosial Media Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh TK Aku Anak Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 4911–4915. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1725

Susilowati, E. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid 19 Melalui Grup WhatsApp? Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(3), 1–25.

Trevino, L. K., Daft, R. L., & Lengel, R. H. (1990). 4. Understanding Managers’ Media Choices: A Symbolic Interactionist. Organizations and Communication Technology, 71.

Ulfah, M., & Khoerunnisa, Y. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini di Kabupaten Majalengka. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 31–50.

We Are Social. (2021). Digital 2021. Global Digital Insights, 103.

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker Jr, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM, 47(5), 75–79.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.16023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yuniar Eka Putri, Rd Funny Mustikasari Elita, Ilham Gemiharto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats