PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK PRA SEKOLAH: SEBUAH SYSTEMATIC REVIEW

Alfiana Nur Aisyah, Dita Eka Aristiana, Hilmiyah Ariqoh, Abdul Muhid

Abstract


Kepercayaan diri merupakan aspek perkembangan yang sangat penting, karena hal tersebut adalah atribut yang berharga dari kehidupan sosial seseorang. Bagi anak pra sekolah, rasa percaya diri merupakan aspek diri yang harus dibangun karena sangat diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas perkembangannya. Sehingga anak-anak yang tidak percaya diri dapat tertinggal dan bermasalah dalam perkembangan. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review dengan mengumpulkan sumber literatur berupa jurnal yang membahas tema serupa. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor utama dalam meningkatkan kepercayaan diri anak pra sekolah adalah peran guru dalam memberikan metode belajar. Salah satu metode belajar yang efektif dan mudah digunakan adalah metode bercerita. Dalam pembelajaran metode bercerita anak dapat belajar berkomunikasi secara lisan melalui kalimat-kalimat yang mereka dengar serta interaksi yang terjadi saat guru sedang bercerita. Melalui cerita tersebut, anak dapat menanamkan nilai-nilai positif seperti keberanian, kemandirian, kerjasama dan lain sebagainya. Sehingga terbentuknya kepercayaan diri melalui pengetahuan yang didapat dari proses belajar.

 


Keywords


Metode Bercerita; Kepercayaan Diri; Anak Usia Pra Sekolah

Full Text:

PDF

References


Adhimah, F., & Simatupang, N. (2014). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Cerita Bergambar Pada Kelompok a Di Tk Muslimat Sidoarjo. PAUD Teratai, 3(3).

Anggreni, M. A. (2017). Penerapan bermain untuk membangun rasa percaya diri anak usia dini. Journal Of Early Childhood and Inclusive Education, 1(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/jecie.v1i1.25.

Antini, N. K. A., Magta, M., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Metode Show and Tell Terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok a Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 143. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18884.

Aryenis, A. (2018). Peningkatan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Bermain Peran Di Taman Kanak-Kanak Restu Ibu. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 5(2), 47–60. https://doi.org/10.24036/103726.

Damayanti, I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Saat Masa Pandemi Covid 19. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 6–10.

Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326.

Fadillah, M. (2012). Desain pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Febrina, Y., & Muhid, A. (2020). Efektivitas Mendongeng dalam Meningkatkan Kreativitas Verbal Anak Usia Prasekolah. Tumbuh Kembang : Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya, 7(November), 153–163. https://doi.org/10.36706/jtk.v7i2.11749.

Florez, I. R. (2011). Developing Young Children’s Self-Regulation through Everyday Experiences. Young Children, 66(4), 47–51.

Handayani, A. (2013). Peningkatan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Metode Bercerita Kelompok A1 Tk Dharma Wanita Baturan V Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2012/1013. Tesis ini tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hasannah, R. G. U. (2019). Efektifitas Metode Mendongeng Dalam Prasekolah. PSIKOBORNEO : Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(3), 557–569.

Jumiatih. (2020). Efektivitas Metode Bercerita dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 9(1), 123–130.

Kuswati, Syukri, M., & Yulie. (2015). Peningkatan Percaya Diri Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(11), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i11.12220.

Latifah, L., Ismaniar, I., & Sunarti, V. (2018). Gambaran Penanaman Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini oleh Guru di Lembaga PAUD Adzkia III Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(1), 50. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9110.

MN Department of Education. (2022). Early Childhood Indicators of Progress : Minnesota’ s Early Learning Standards Introduction to Social and Emotional Domain. In social emotional develophment (pp. 1–9).

Nihwan, N. & Tejaningrum, Dhiarti. (2021). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita di TK Islam Kreatif Keluarga Ceria Beran Triadi Sleman. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 56-67.

Nurmalasari, E., Febrialismanto, & Chairilsyah, D. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7477–7483.

Putri, M. A., & Arifin, F. (2020). Stimulasi Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 55–71.

Rahayu, A. Y. (2013). Menumbuhkan kepercayaan diri melalui kegiatan bercerita. Yogyakarta: Indeks.

Rahman, M. M. (2014). Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 285. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i2.4241.

Rohayati, E. (2014). Metode Pengembangan Keterampilan Bercerita Yang Berkarakter Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10320.

Sunarsih, T., & Kristanto, K. (2017). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita Pada Kelompok B Tk Pertiwi 27 Gajahmungkur Kota Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 30–45. https://doi.org/10.26877/paudia.v2i2.1637.

Tanfidiyah, N., & Utama, F. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02.

Wardani, I. K., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan Antara Peran Guru Dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia, 9(4), 225–233.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alfiana Nur Aisyah, Dita Eka Aristiana, Hilmiyah Ariqoh, Abdul Muhid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats