Analisis Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Bermuatan Kearifan Lokal Batik Madura
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, A. A. (2020). Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process Terhadap Penilaian Kinerja Guru. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 111–114.
Ariyanto, F. L., & Yuniar, D. P. (2020). Pemanfaat Limbah Tongkol Jagung Sebagai Media pembelajaran Anak Usia Dini di Madura. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 44–52.
Ariyanto, F., & Tanto, O. D. (2021). The Effectiveness of Power Point-Assisted Picture Books on Receptive Language Development in Early Childhood. Child Education Journal, 3(2), 100–109.
Fadlillah, M. (2016). Komparasi Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Dengan Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 Dalam Pembelajaran PAUD. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 1(1).
Halimah, L. (2016). Pengembagan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.
Hamalik, O. (2019). Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Irani, I., Adhani, D. N., & Yuniar, D. P. (2021). Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 tahun yang Mengikuti Ekstrakurikuler Tari Melalui Tari Karapan Sapi. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 34–45.
Munar, A., Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 1–9.
Ndeot, F. (2019). Pentingnya Pengembangan Kurikulum di PAUD. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 30–36.
Nugraha, A., & Wahyuningsih, S. (2015). Pedoman Penyusuna Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Educational Design Research. Enschede: SLO
Prihantini, P. (2014). Kajian Ide Kurikulum 2013 Paud dan Implikasinya dalam Pengembangan Ktsp. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 11-24.
Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.
Sari, I. P., Wulandari, S., & Maya, S. (2018). HKI pada Batik Tulis Indonesia (Studi Kasus Batik Tulis Tanjung Bumi, Madura). Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 145–158.
Suminto, R. A. S. (2015). Batik Madura: Menilik Ciri Khas dan Makna Filosofinya. Corak, 4(1), 1-12.
Taufiqurrahman, T. (2007). Identitas Budaya Madura. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.19105/karsa.v11i1.143 .
Ulfa, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Media Kartu Angka Bergambar Di Paud Miftahul Ulum Pringsewu. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Yohanes, C. H. (2013). Peranan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran batik Tanjung Bumi Ibu Haji Masudi. Agora, 1(1), 532–543.
Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36–40.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13797
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dias Putri Yuniar, Fajar Luqman Tri Ariyanto, Itmamatur Rizqiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506