Analisis Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Bermuatan Kearifan Lokal Batik Madura

Dias Putri Yuniar, Fajar Luqman Tri Ariyanto, Itmamatur Rizqiyah

Abstract


Penelitian ini fokus pada pengembangan panduan kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk PAUD yang diintegrasikan dengan muatan kearifan lokal Madura yaitu Batik Tanjung Bumi yang ada di Kabupaten Bangkalan. Salah satu batik di Madura yang terkenal adalah batik Tanjung Bumi Bangkalan, batiknya dibuat dengan menggunakan teknik khusus yang biasa dikenal batik gentongan. Proses penelitian pengembangan ini melibatkan kolaborasi dengan pendidik PAUD, dosen dan mahasiswa dalam tahapan kegiatan. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk PAUD adalah kurikulum operasional yang dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan karakteristik satuan PAUD. Pengembangan panduan KTSP untuk PAUD ini dilakukan menggunakan rangkaian penelitian pengembangan dari Plomp yang ditempuh melalui empat tahapan. Tahapan penelitian ini yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap mengkonstruk dan tahap evaluasi. Hasil produk penelitian berupa panduan kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk PAUD bermuatan kearifan lokal batik Madura yang telah diuji validasi dari ahli media dan materi menunjukkan bahwa prototipe panduan layak untuk digunakan. Uji coba skala kecil yang menunjukkan bahwa panduan yang dikembangkan layak digunakan dengan prosentase 73%. Uji coba skala besar mendapatkan hasil sebersar 69% yang diartikan panuan dapat digunakan guru PAUD sebagai acuan dalam menciptkan kegiatan pembelajaran yang bernuanasa kearifan lokal Batik Tanjung Bumi Bangkalan.

Keywords


Batik Madura, Kurikulum, Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. A. (2020). Penerapan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process Terhadap Penilaian Kinerja Guru. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 111–114.

Ariyanto, F. L., & Yuniar, D. P. (2020). Pemanfaat Limbah Tongkol Jagung Sebagai Media pembelajaran Anak Usia Dini di Madura. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 44–52.

Ariyanto, F., & Tanto, O. D. (2021). The Effectiveness of Power Point-Assisted Picture Books on Receptive Language Development in Early Childhood. Child Education Journal, 3(2), 100–109.

Fadlillah, M. (2016). Komparasi Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Dengan Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 Dalam Pembelajaran PAUD. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 1(1).

Halimah, L. (2016). Pengembagan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, O. (2019). Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Irani, I., Adhani, D. N., & Yuniar, D. P. (2021). Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 tahun yang Mengikuti Ekstrakurikuler Tari Melalui Tari Karapan Sapi. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 34–45.

Munar, A., Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 1–9.

Ndeot, F. (2019). Pentingnya Pengembangan Kurikulum di PAUD. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 30–36.

Nugraha, A., & Wahyuningsih, S. (2015). Pedoman Penyusuna Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Educational Design Research. Enschede: SLO

Prihantini, P. (2014). Kajian Ide Kurikulum 2013 Paud dan Implikasinya dalam Pengembangan Ktsp. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 11-24.

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.

Sari, I. P., Wulandari, S., & Maya, S. (2018). HKI pada Batik Tulis Indonesia (Studi Kasus Batik Tulis Tanjung Bumi, Madura). Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 6(2), 145–158.

Suminto, R. A. S. (2015). Batik Madura: Menilik Ciri Khas dan Makna Filosofinya. Corak, 4(1), 1-12.

Taufiqurrahman, T. (2007). Identitas Budaya Madura. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.19105/karsa.v11i1.143 .

Ulfa, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Media Kartu Angka Bergambar Di Paud Miftahul Ulum Pringsewu. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Yohanes, C. H. (2013). Peranan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran batik Tanjung Bumi Ibu Haji Masudi. Agora, 1(1), 532–543.

Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36–40.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dias Putri Yuniar, Fajar Luqman Tri Ariyanto, Itmamatur Rizqiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats