Strategi Practice Rehearsal Pairs Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 4-5 Tahun

Siti Afifatun, Roudlotun Ni'mah, Tsaqibul Fikri

Abstract


Pada masa pandemi Covid-19, dengan dibatasinya proses pembelajaran anak membuat perilaku prososialnya menurun disebabkan kurangnya interaksi dengan teman sebayanya. Hal tersebut kemudian mendorong guru untuk menemukan strategi baru yaitu strategi practice rehearsal pairs. Strategi practice rehearsal pairs (praktik berpasangan) ini merupakan strategi sederhana yang digunakan untuk mempraktikkan sebuah keterampilan atau prosedur dengan teman belajar. Penelitian ini dilakukan di TK Al-Falahiyah Banjarsari Trucuk, dengan pendekatan penelitian kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini di antaranya wawancara, observasi, dan, dokumentasi. Analisis data menggunakan Triangulasi. Berdasarkan hasil observasi penelitian yang telah dilakukan, didapatkan kesimpulan yang menunjukkan perkembangan perilaku prososial anak melalui strategi practice rehearsal pairs. Hasil dari metode practice reherarsal pairs cocok digunakan untuk mendorong anak bersosial dengan teman-temannya. Berdasarkan hasil penelitian ini juga dapat digambarkan bahwa adanya pembiasaan berpasangan membuat interaksi/komunikasi dua arah juga lebih terukur.

Keywords


Prososial; Praktik berpasangan; Pembiasaan

Full Text:

PDF

References


Agung, R. (2020). Perilaku Prososial dan Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa. In Perilaku Prososial dan Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa (Issue May). Tegal: Badan Penerbit Universitas Pancasakti.

Dachlah, M. dkk. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Pertama). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Fadillah, S. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) dan Kecerdasan Intrapersonal terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun di Kelurahan Umban Sari Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 92. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2008

Kasyadi. (2017). Menghafal Bacaan Shalat Melalui Metode Practice Rehearsal Pairs, 2018. Tajdidukasi, 7(1), 55.

Nugraha, Ali & Yeni, Rachmawati. (2014). Metode Pengembangan Sosial Emosional (Kedua). Jakarta: Universitas Terbuka.

Nur, D. M. (2015). Efektivitas Penggunaan Metode Practice Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Gerak Benda dan Energi Pada Siswa Kelas III di SD Islam Al Madina Semarang. Ekp, 13(3), 12.

Silberman, M. L. (2009). Active Learning (101 Strategi Pembelajaran Aktif) (Ke-enam). Yogyakarta: YAPPENDIS.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RND (Ke 23). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tabi’in, A. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 191. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2244.

Widyayekti, D. T., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Hasibuan, R., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2020). Hubungan Bermaina Taman Lalu Lintas Dengan Perilaku Prososiak Anak Usia Dini Di TK Taman Ceria Surabaya. PAUD Teratai, 9(1), 3.

Wulandari, A., Chairilsyah, D., & Solfiah, Y. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun.

Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 100.

Zaini, H. dkk. (2016). Strategi Pembelajaran Aktif (Revisi). Jakarta: CTSD.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.11863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Afifatun, Roudlotun Ni'mah, Tsaqibul Fikri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats