Pengembangan Media Giant APE Tema Alat Transportasi Berbasis Saintifik untuk Peningkatan Keterampilan Motorik Anak TK Kelompok B
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ain, N., & Huda, C. (2018). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Momentum: Physics Education Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.2368
Angkur, M. F. M. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Smart Paud, 2(1), 37. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5918
Arifiyanti, D. (2019). Motorik Kasar Anak Usia Dini. Al_Athfal, Vol. 2(No. 2), 36–45.
Aristyadewi, dkk (2015). Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Menggambar Dekoratif Media Krayon untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).
Azizah, M. (2017). Pengembangan Media Diorama Berbasis Tema untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di RA Nurul Anshor Desa Kapringan Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Waladuna, 2(1), 46–57.
Bahridah, P., & Neviyarni, N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Motorik Dalam Pembelajaran. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 13-19.
Budhi, I. U. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Anak Kelas II SD N Prembulan Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IV(7), 1–10. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886
Chasanah. (2015). Pengembangan Permainan Tradisional Gotri untuk Pembelajaran Fisik Motorik Kasar Anak. PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 76–149.
Fatmawati, A. F. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (1st ed.). Gresik: Caremedia Communication.
Farida, S. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud. Wacana Didaktika, 5(02), 189. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.v5i02.63
Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran.
Haminah, Andi Musda Mappapoleonro, A. T. B. D. A. (2014). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Outdoor. 1–8.
Halimatussa’diyah, F. (2017). Pengembangan media big book untuk menstimulasi kemampuan membaca permulaan anak kelompok b paud tanwirul qulub tahun ajaran 2016/2017. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2)
Hurlock, E. B. (2011). Perkembangan Anak (Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih (ed.)). Jakarta: Erlangga.
Juniarti, Y. (2019). Pengembangan Media Ludo Geometri (DORI) Pada Fisik Motorik Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 169–182. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-04
Khadijah. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (1st ed.). Jogjakarta: Kencana.
Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan media pembelajaran big book untuk pembentukan karakter anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 48-59
Kusuma, G. A. (2016). Pengembangan Permainan Labirin untuk Membantu Perkembangan Motorik Anak. PROtek: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, 3(2), 63-67
Lisa, M., Mustika, A., & Lathifah, N. S. (2020). Alat Permainan Edukasi (APE) Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Kesehatan, 11(1), 125-132
Klarissa, N.W.E., Ayu, L.T. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Sains Permulaan Anak Kelompok B3 TK Sila Chandra I Batubulan. 6(1), 282–292.
Muhammad, H., R. Eka Murtinugraha, & Sittati Musalamah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal PenSil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453
Nurani, Y. (2012). Pengembangan Media Daur Ulang Berbasis Kecerdasan Jamak dalam Peningkatan Keterampilan Hidup Anak Usia Dini. Cakrawala Pendidikan, (1), 86711
Nurlaili, N. (2018). Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 229. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518
Purnama. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Rosda.
Setiyowati, N. (2016). Analisis Kebutuhan Perkembangan Fisik Motorik Halus Melalui Penerapan Kegiatan Kolase Di Ra Al-Mutsnawiatul Islam Kelompok A Mlarak Ponorogo Tahun Ajaran 2015/2016. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2
Sugiyo, S., Widyaningrum, D. N. & Sugiharto, D. Y. (2017). Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik di TK Negeri Pembina Nalumsari Jepara. Journal of Primary Education, 6 (1)(1), 44–49.
Sujiono, B. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.11463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dewi Pratiwi, Santoso, Moh. Kanzunuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506