Pengaruh Regulasi Emosi terhadap Interaksi Sosial Selama Pembelajaran Home Visit Akibat Pandemi COVID-19 di TK B
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, H. (2016). Implementasi Home Visit dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI di SDIT al-Azhar Kediri. Didaktika Religia, 4(1), 77–106.
Anme T.,dkk. (2012). Validity and Reliability of the Interaction Rating Scale between Children (IRSC) by Using Motion Capture Analysis of Head Movement. Public Health Research, 2(6), 208–212.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Christopora Intan Himawan Putri, D. L. P. (2017). Pelatihan Regulasi Emosi Anak Usia Prasekolah (3-4 Tahun). Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 190–202.
English, T., & John, O. P. (2013). Understanding the social effects of emotion regulation: The mediating role of authenticity for individual differences in suppression. Emotion, 13(2), 314–329.
Handayani, O. D. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pelaksanaan Belajar dari Rumah pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1754–1763.
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Ilmiah, J., Pendidikan, M., & Usia, A. (2016). Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Interaksi Sosial Dengan Teman Sebaya Di Paud Nurul Hidayah, Desa Lampuuk, Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 60–67.
Jalaluddin Rakhmat. (2012). Psikologi Komunikasi (Cet. 28). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Joseph John Thompson. (2006). Emotion Regulation: Conceptual foundation. In J.J Gross (ed). Handbook of emotion regulation. New York: Guilford Press.
Dante Cicchetti, J.K-S, F. A. R. (2013). A Longitudinal Study of Emotion Regulation, Emotion Lability-Negativity, and Internalizing Symptomatology in Maltreated and Nonmaltreated Children. Child Development, 84(2), 512–527.
Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2021). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643.
Latifah, U., & Sagala, A. C. D. (2015). Upaya Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Permainan Tradisional Jamuran Pada Anak Kelompok B TK Kuncup Sari Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian PAUDIA, 112–132.
Lerner, R. M. (2015). Handbook of Child Psychology and Developmental Science. John Wiley & Sons, Inc.
Lopes, P. N., Nezlek, J. B., Extremera, N., Schu, A., Hertel, J., Ferna, P., & Salovey, P. (2011). Emotion Regulation and the Quality of Social Interaction : Does the Ability to Evaluate Emotional Situations and Identify Effective Responses Matter ?. Journal of Personality, 430–467.
Mauladin, D. (2013). The Effects of Learning Methods and Environmental Knowledge on Age 5-6 Naturalistic Intelligence (Experiment at AR – Ridho Nature Kindergaten Group B Tembalang Semarang). Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 75–88.
Monks, F. J. (2002). Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nirmala, B., & Annuar, H. (2020). Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1052–1062.
Nurmalita, R., & Hidayati, F. (2014). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Kompetensi Interpersonal Pada Remaja Panti Asuhan. Empati, 3(4), 512–520.
Parkinson, B. (2005). Do facial movements express emotions or communicate motives? Hove, UK: Psychology Press.
Permendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Nomor 137 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.
Permendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Nomor 146 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.
Pradana, A. A., Casman, C., & Nur’aini, N. (2020). Pengaruh Kebijakan Social Distancing pada Wabah COVID-19 terhadap Kelompok Rentan di Indonesia. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia : JKKI, 9(2), 61–67.
Sala, M. N., Pons, F., & Molina, P. (2014). Emotion regulation strategies in preschool children. British Journal of Developmental Psychology, 32(4), 440–453.
Shields, A., & Cicchetti, D. (1997). Emotion regulation among school-age children: the development and validation of a new criterion Q-sort scale. Developmental Psychology, 33(6), 906–916.
Soekanto, S. (2014). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RajaWali Press.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: AlfaBeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: AlfaBeta.
Syahadat, Y. M. (2013). Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Pada Anak. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 10(1), 19.
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.11350
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rizky Eka Amelia, Anayanti Rahmawati, Anjar Fitrianingtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506