Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun

Asyiful Munar, Hibana Hibana, Susilo Surahman

Abstract


Anak usia dini memiliki berbagai kemampuan yang perlu adanya stimulasi, pada lembaga ini masih menerapkan model pembelajaran klasikal, dimana pada model klasika ini yang paling ditonjolkan guru sebagai peran utama dalam pembelajaran. Dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kreativitas bagi anak, TKN Pembina Sawang ingin menerapkan model pembelajaran sentra bahan alam untuk menumbuhkan kerativitas yang dimiliki anak. Penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Hasil observasi yang dilakukan terhadap guru yang dilakukan tiga kali pertemuan pada awal pembelajaran sampai selesai dengan sentra bahan alam, peneliti mendapati bahawa pembelajran sentra bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak melalui bahan alam pelepah pisang sudah berkembang dengan sangat baik.  Hal ini terlihat pada anak umur 4-5 tahun sudah mampu mengkreasikan sendiri berbagai macam bentuk-bentuk melalui media pelepah pisang. Berdasarkan gejala yang terdapa dilapangan, saran dari peneliti: didalam pembuatan RPPH diharapkan untuk mencantumkan KD (standar kompetensi). Agar apa yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik. Diharapkan kepada guru dalam penerpan model pembelajaran sentra bahan alam ini untuk menggunakan bahan yang ada dialam yang udah dijumpai dan tidak asing bagi anak, bisa apa saja asalkan tidak membahayakan anak dan selalu dalam pengawasan guru serta sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Keywords


model pembelajaran sentra bahan alam, kreativitas, anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Dahlia, S. (2014). Implementasi dan inovasi kurikulum PAUD 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2007). Pedoman penerapan pendekatan “beyond centers and circle time (BCCT)” (Pendekatan sentra dan lingkaran) dalam pendidikan anak usia dini. Direktorat pendidikan dan tenaga kependidikan non formal.

Freeman. (2004). Cerdas dan Cemerlang. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ghofur, A. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Sentra pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Universal Ananda Desa Purwokerto Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Ekp, 13(3), 1576–1580.

Hafiza, H. (2019). Penerapan model pembelajaran sentra (beyond centers and circle time) dalam mengoptimalkan aspek kognitif pada kelompok B RA Syihabuddin Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16712

Lestarini, Y., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Beyond Centers and Circle Time (BCCT) untuk Meningkatkan Minat dan Aktivitas Belajar Anak Kelompok B TK Bumi Gora BPKBM NTB. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

Mukhtar Latif, D. (2013). orientasi baru pendidikan anak usia dini: teori dan aplikasi. Jakarta: PT fajar interpratama mandiri.

Munandar, U. (2009). Mengembangkan Kreativitas Anak Berbakat. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Nasional, D. P. (2004). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.

Nurani, Y. (2017). Pengembangan Model Kegiatan Sentra Bermain Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 386–400. https://doi.org/10.21009/jpud.112.15

Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rachmawati. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak,.Yogyakarta: Kencana.

Rasyid, H. (2020). Hakikat pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: insan madani.

Retno Soendari, dan Wismiarti. (2010). Sentra persiapan. Yogyakarta: Penerbit pustaka Al- Falah.

Sudjarwo, dan Basrowi. (2009). Manajemen penelitian sosial. Bandung: cv. mandar maju.

Suhartini, P. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini melalui metode bermain dengan permainan balok di Taman Kanak-Kanak Sabrina Sukarame Bandar Lampung.

Susanti, R. D. (2012). Esai-Esai Pendidikan Islam: Pengembangan Interaksi dengan Lingkungan dan Potensi Anak. Yogyakarta: Idea Press.

Suyadi. (2014). teori pembelajaran anak usia dini. PT Remaja Rosdakarya.

Ubaidillah, K. (2018). Pembelajaran Sentra BAC (Bahan Alam Cair) untuk Mengembangkan Kreativitas Anak; Studi Kasus RA Ar-Rasyid. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 161–176. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-04

Yusuf, Farida D. (2018). Pedoman pengelolaan kelas pendidikan anak usia dini. Direktorat pembinaan pendidikan anak usia dini.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Asyiful Munar, Hibana, Susilo Surahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats