Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dahlia, S. (2014). Implementasi dan inovasi kurikulum PAUD 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. (2007). Pedoman penerapan pendekatan “beyond centers and circle time (BCCT)” (Pendekatan sentra dan lingkaran) dalam pendidikan anak usia dini. Direktorat pendidikan dan tenaga kependidikan non formal.
Freeman. (2004). Cerdas dan Cemerlang. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ghofur, A. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Sentra pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Universal Ananda Desa Purwokerto Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Ekp, 13(3), 1576–1580.
Hafiza, H. (2019). Penerapan model pembelajaran sentra (beyond centers and circle time) dalam mengoptimalkan aspek kognitif pada kelompok B RA Syihabuddin Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16712
Lestarini, Y., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Beyond Centers and Circle Time (BCCT) untuk Meningkatkan Minat dan Aktivitas Belajar Anak Kelompok B TK Bumi Gora BPKBM NTB. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.
Mukhtar Latif, D. (2013). orientasi baru pendidikan anak usia dini: teori dan aplikasi. Jakarta: PT fajar interpratama mandiri.
Munandar, U. (2009). Mengembangkan Kreativitas Anak Berbakat. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Nasional, D. P. (2004). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.
Nurani, Y. (2017). Pengembangan Model Kegiatan Sentra Bermain Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 386–400. https://doi.org/10.21009/jpud.112.15
Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rachmawati. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak,.Yogyakarta: Kencana.
Rasyid, H. (2020). Hakikat pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: insan madani.
Retno Soendari, dan Wismiarti. (2010). Sentra persiapan. Yogyakarta: Penerbit pustaka Al- Falah.
Sudjarwo, dan Basrowi. (2009). Manajemen penelitian sosial. Bandung: cv. mandar maju.
Suhartini, P. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini melalui metode bermain dengan permainan balok di Taman Kanak-Kanak Sabrina Sukarame Bandar Lampung.
Susanti, R. D. (2012). Esai-Esai Pendidikan Islam: Pengembangan Interaksi dengan Lingkungan dan Potensi Anak. Yogyakarta: Idea Press.
Suyadi. (2014). teori pembelajaran anak usia dini. PT Remaja Rosdakarya.
Ubaidillah, K. (2018). Pembelajaran Sentra BAC (Bahan Alam Cair) untuk Mengembangkan Kreativitas Anak; Studi Kasus RA Ar-Rasyid. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 161–176. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-04
Yusuf, Farida D. (2018). Pedoman pengelolaan kelas pendidikan anak usia dini. Direktorat pembinaan pendidikan anak usia dini.
DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10691
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Asyiful Munar, Hibana, Susilo Surahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.
Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506