Model Pembelajaran SAVI dengan Media Puzzle di Lembaga PAUD Munatuan

Abdul Syukur, Nirwaning Makleat

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatkan pemahaman dan mengenalkan pada siswa tentang  konsep diri dengan cara mengenalkan nama-nama anggota tubuh manusia menggunakan model pembelajaran SAVI. Penelitian tindakan kelas dengan disain model Kurt Lewin merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Sebanyak 14 siswa menjadi subjek penelitian, data dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes hasil belajar berupa mencocokkan gambar. Penelitian ini mendapatkan nilai prasiklus sebesar 55%, nilai siklus pertama adalah 64,64%, nilai siklus kedua sebesar 82,85 dan nilai siklus ketiga adalah 91,07%. Mengacu pada hasil penelitian ini, kesimpulan yang dapat diambiladalah model pembelajaran SAVI dengan media puzzle dapat meningkatkan pemahaman anak mengenai nama-nama anggota tubuh manusia di PAUD Munatuan.


Keywords


Model Pembelajaran SAVI, Media Puzzle

Full Text:

PDF

References


Aprilia, Siska. (2015). Studi Pembelajaran Mengenal Anggota Tubuh dan Fungsinya Melalui Lagu Anak-anak Pada Aanak Tunagrahita Sedang. Skripsi ini tidak diterbitkan. Bandung : UPI Bandung.

Arumsari, Andini Dwi, dkk. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dinidi Kecamatan Sukolilo - Surabaya. Jurnal PG - PAUD Trunojoyo Volume 4, No. 2, Oktober 2017. 133 - 142.

Meier, Dave. (2002). The Accelerated Learning Handbook - Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Scripta Cendekia.

Nisa’, Titin Faridatun dan Karim, M. Busro. (2017). Profil Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Learning to Think Different. Jurnal PG - PAUD Trunojoyo Volume 4, No. 2, Oktober 2017. hal. 143 - 152.

Sasongko, Nurdiansyah Dwi. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Mengenal Konsep dan Lambang Bilangan PAUD. Jurnal PG - PAUD Trunojoyo Volume 4, No. 2, Oktober 2017. 82-91.

Sugiyanto. (2008). Model - Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Syukur, Abdul dan Tefanai, Meo Melianus. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada PAUD Kelompok B. Jurnal PG - PAUD Trunojoyo Volume 4, No. 2, Oktober 2017. 153 - 163.

Wojowasito dan Poerwadaminta. (2004). Belajar Sambil Bermain. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.10099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdul Syukur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats