Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD) Melalui Metode Bercerita

Elce Purwandari, Nur Handayani, Okky Leo Agusta, Arni Mabruria, Nik Haryanti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan sosial emosional anak usia dini (AUD) yang tepat dan efektif dengan diterapkannya metode bercerita di kelompok B TK Hamizan Lubuklinggau. Metode penelitian ini adalah action research untuk memperbaiki kemampuan sosial emosional AUD menggunakan metode bercerita melalui pemanfaatan media audiovisual berupa video. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 20 anak dengan rincian anak laki-laki berjumlah 14 anak, dan perempuan berjumlah 6 orang anak. Pada penelitian ini digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada kemampuan sosial emosional dari siklus I sebesar 25%, pada siklus II menjadi 65% dan sikus III menjadi 100%. Hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional anak pada siklus I masih belum cukup baik dimana anak-anak kurang percaya diri dalam hal tanya jawab, kurang berani bercerita kedepan begitu juga dalam hal mengekspresikan perasaan. Namun, pada siklus II dan siklus III peningkatan kemampuan sosial emosional anak sudah mengalami peningkatan yang signifikan dikarenakan penggunaan video pembelajaran, motivasi, dan bimbingan guru. Penerapan metode bercerita tepat dan efektif digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, maka rekomendasi untuk pendidik dapat menggunakan metode bercerita sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan sosial emosial pada anak usia dini.


Keywords


Kemampuan sosial emosional; Anak usia dini; Metode bercerita

Full Text:

PDF

References


Adrianindita, S. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Sosial-Emosional Anak Usia 2-3 Tahun melalui Metode Bercerita Di KB Siti Sulaechah 04 Semarang. Jurnal BELIA. 4 (2). DOI: 10.15294/BELIA.V4I2.7499.

Anas, Sudijono. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Anggraini, D. D. (2015). Peningkatan Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. 2 (2).

Askeland, D. (2019). Social Emotional Development in Early Childhood. Master’s Theses and Capstone Project.

Bozgun, K & Meltem A.K. (2020). Variables affecting social-emotional development, academic grit and subjective well-being of fourth-grade primary school students. Academic Journal. 15 (7). 417 -425. DOI: 10.5897/ERR2020.4025.

Desmareza, Rini. (2012). Peningkatan Perkembangan Sosial emosional Anak Melalui Permainan Montase Di Ra Darul ‘Ulum Pgai Padang. Jurnal Pesona Paud Vol. 1 No. 2.

Erickson, E. (2018). Effects of storytelling on emotional development. In Sophia, the St. Catherine University Repository.

Haryono, M. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak melalui Permainan Puzzle Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Kota Bengkulu. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(1), 5-11. https://doi.org/10.33258/jder.v1i1.972.

Laiya, S. W. (2020). Pengembangan Media Lutem (Ludo Tema) Pada Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 153-162. doi:https://doi.org/10.33369/jip.5.2. 153-162.

Lubis, M. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak melalui Metode Bermain. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 1 (2). DOI: https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301 .

Marlinah & Priyanti. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak melalui Permainan Ular Tangga. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5 (2). https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1525.

Suriansyah, A., & Aslamiah. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini (J. D. & Z. Jamalie (ed.)). Comdes.

Zwagery, R. V. (2021). Permainan “Tebak Aku” Untuk Menstimulasi Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. 8 (1).




DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.11685

Refbacks



Copyright (c) 2022 Elce Purwandari, Nur Handayani, Okky Leo Agusta, Arni Mabruria, Nik Haryanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Diterbitkan oleh:


Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Trunojoyo Madura.

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Telp. (031)3014239/ Fax. (031)3011506

View My Stats