Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game 2D Flash Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Untuk Siswa Kelas III UPTD SDN Banyuajuh 4 Kamal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita mahasiswa melalui metode Poster Session. Penelitian kuantitatif eksperimen ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan rancangan nonequivalent control grup design. Sampel penelitian ini terdiri dari 80 mahasiswa dari 200 populasi mahasiswa semester IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dan non tes. Instrumen tes berupa lembar penilaian keterampilan bercerita. Selain itu juga angket dan lembar observasi digunakan untuk instrumen non tes. Pengujian validitas, reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji homogenitas, uji linier, uji regresi linier sederhana, uji signifikan t, uji gain. Diolah dengan bantuan program Excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 89,4 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol hanya 68,7 dan uji signifikasi diperoleh nilai dengan thitung sebesar 7,423 maka Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil angket respon mahasiswa maka rata-rata skor yang diperoleh mahasiswa 79,74 dari sekor maksimal 80, ini menunjukkan respon mahasiswa terhadap pembelajaran metode Poster Session tinggi. Sehingga menunjukkan bahwa metode Poster Session memiliki pengaruh dalam meningkatkan keterampilan bercerita mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja.
Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Munir. 2013. Multimedia konsep & Aplikasinya dalam Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung:Alfabeta.
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.7815
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Imani Puspita Sari, Mohammad Edy Nurtamam, Umi Hanik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.