Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game 2D Flash Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Untuk Siswa Kelas III UPTD SDN Banyuajuh 4 Kamal

Imani Puspita Sari, Mohammad Edy Nurtamam, Umi Hanik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita mahasiswa melalui metode Poster Session. Penelitian kuantitatif eksperimen ini menggunakan metode Quasi Experimental dengan rancangan nonequivalent control grup design. Sampel penelitian ini terdiri dari 80 mahasiswa dari 200 populasi mahasiswa semester IV. Teknik pengumpulan  data  dilakukan  dengan metode tes, dan non tes. Instrumen tes berupa lembar penilaian keterampilan bercerita. Selain itu juga angket dan lembar observasi digunakan untuk instrumen non tes. Pengujian validitas, reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji homogenitas, uji linier, uji regresi linier sederhana, uji signifikan t, uji gain. Diolah dengan bantuan program Excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 89,4 dan  rata-rata nilai posttest  kelas kontrol hanya 68,7 dan uji  signifikasi diperoleh  nilai  dengan  thitung  sebesar 7,423  maka Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil angket  respon mahasiswa maka rata-rata skor yang diperoleh mahasiswa 79,74 dari sekor maksimal 80, ini menunjukkan respon mahasiswa terhadap pembelajaran metode Poster Session tinggi. Sehingga menunjukkan bahwa metode Poster Session memiliki pengaruh  dalam  meningkatkan  keterampilan bercerita  mahasiswa.


Keywords


Pengembangan; Multimedia Interaktif; Game; Matematika.

References


Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja.

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Munir. 2013. Multimedia konsep & Aplikasinya dalam Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung:Alfabeta.

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.7815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Imani Puspita Sari, Mohammad Edy Nurtamam, Umi Hanik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: