Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menerapkan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Materi Penerapan Konsep Energi Gerak Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 3 Ngabenrejo Kecamatan Grobogan Kabupaten Grobogan

Sri Martini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Hasil Belajar IPA pada pembelajaran IPA di kelas III SD Negeri 3 Ngabenrejo melalui model pembelajaran Contextual teaching and learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti bekerja sama dengan teman sejawat sebagai observer pada pelaksanaan penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 3 Ngabenrejo, sebanyak 22 siswa terdiri dari 6 siswa putra dan 16 siswa putri. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi setiap siklus dan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes setiap siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar IPA di kelas III SD Negeri 3 Ngabenrejo. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus II. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebelum tindakan adalah 57,04 pada siklus I, nilai rata-rata 70 Pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 85,68. Kesimpulan penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar IPA pada pembelajaran IPA kelas III SD Negeri 3 Ngabenrejo.


Keywords


Hasil Belajar; Contextual teaching and learning; Energi Gerak

References


Aunurrahman.(2012).Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dasari.(2002). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta :Rineka Cipta.

Hamdani, O. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta :BumiAksara.

Hosnan.(2014).Pendekatan Saintifik dan kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

IbnuBadar, T. (2014).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual ,Jakarta: Prenadamedia group.

Johnson B, E. (2014). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Kaifa.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsepdan Aplikasi. Bandung: PT RefikaAditama.

Lorin, Maria. (2013). Peningkatan Aktivitas Siswa Pembelajaran Learning Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Kelas IV SDN 10 Bonti. Pontianak: Universitas Tanjungpura

Marsiti. (2008). Efektivitas Penerapan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III SDN Wonosobo. Semarang: UNNES.

Mulyasa.(2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT BumiAksara.

_______(2016). Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013 Bandung: Remaja Rosdakarya

Nugroho, Deni. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIIIB Smp N 3 Ngawen Pada Pembelajaran Keterampilan Elektronika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Tahun Pelajaran 2013/2014. Yogyakarta: UNY.

Rifai, Catharina. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang : UPT UNNES Press

Ridwan.(2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Putra, S R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Rustaman, dkk. (2005). Strategi Belajar Mengajar .Malang : UM Press.

Sanjaya.(2009).Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryobroto.(2010). Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyadi.(2010). Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Diva Press.

Syaefudin, U. (2009). Inovasi Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Syah, Nuhubbin. (2010). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto.(2012). Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiriaatmadja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ,

Wiyani, A. N. (2013). Manajemen Kelas. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.7169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: