OPTIMASI HASIL BELAJAR GEOMETRI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SD KELAS RENDAH MELALUI MODEL EXAMPLE-NON EXAMPLE BERBASIS ETNOMATEMATIKA BATIK MADURA

Rika Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran example-non example berbasis etnomatematika batik Madura yang dapat meningkatkan hasil belajar geometri bangun datar sederhana serta aktivitas belajar siswa sekolah dasar kelas rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian yang digunakan plan, act, observe, dan reflect. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas II SDN Kramat I Bangkalan sebanyak 21 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, serta angket respon siswa. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh 80,95% hasil belajar geometri siswa di atas nilai 70, rata-rata aktivitas siswa mencapai 80,36% (kategori baik). Sedangkan pada siklus II, hasil belajar sebesar 90,47% namun untuk akitivitas siswa masih belum mencapai kriteria yaitu memperoleh nilai rata-rata 82,44%. Pada siklus III persentase hasil belajar siswa yang memperoleh nilai di atas 70 sebesar 100% dan aktivitas belajar siswa mencapai 87,50% dalam kategori sangat baik.


Keywords


Example-Non Example; Etnomatematika Batik Madura; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar

References


Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. 2010.

D’Ambrosio. Ethnomathematics Link between Traditions and Modernity. AW Rotterdam: Sense Publishers. 2006.

Fajriyah, Euis.Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi: Prisma. 1(1) 2018: 114-119.

Mertler, Craig A. Action Research: Teacher As Researchers in The Classroom (Second Edition). California: Sage Publications, Inc. 2009.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press. 1992.

Suroso, Classroom Action Research: Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pararaton Publishing. 2007.

Zayyadi. “Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Madura.” Jurnal Zigma 2(2) (2017): 35-40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sumadi Sumadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: