ANALISIS CRITIKAL UNDERSTANDING DALAM LITERASI MEDIA SOSIAL MAHASISWA PGSD UMM

Delora Jantung Amelia

Abstract


Pada masa Era Revolusi industri 4.0 yang mulai diterapkan di Indonesia berada dalam titik puncak kehidupan manusia, apalagi dengan lahirnyateknologi digital yang berdampak masif terhadap hidup manusia diseluruh dunia. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kriteria yang mempengaruhi kemampuan critical understanding mahasiswa PGSD terkait literasi digital dan mendeskripsikan tingkat kemampuan critical understanding mahasiswa PGSD dalam literasi media digital. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap mahasiswa PGSD dalam setiap kesempatan, untuk berkomunikasi suara maupun komunikasi data. Tingginya penggunaan media digital ini harus diimbangi pula dengan pemahaman yang baik akan fungsi media tersebut.  Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan 60 orang sebanyak 33,15% pada katagori basic dengan kemampuan critical understanding, responden sejumlah 114 orang atau sebanyak 62,98% berada dalam kategori Medium dalam kemampuan critical understanding responden sejumlah 7 orang atau sebanyak 3,87% berada dalam kategori Basic dalam kemampuan critical understanding


Keywords


Critical Understanding; Literasi; Media Digital

References


EAVI. 2009. Study on assesment criteria for media literacy levels. Brussels

Gilster, P. 1997.Digital literacy. New York: John Wiley & Sons, Inc

In Martin, A., & Madigan, D.,(Ed.).2006. Digital literacies learningLondon: Facet Publishing.

Lutviah. 2011. Pengukuran Tingkat Literasi Media Berbasis Individual Competence Framework: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Paramadina. Skripsi Tidak diterbitkan. Jakarta: Direktorat Quality Assurance, Research and Knowledge Management, Universitas Paramadina.

Martin, A., & Grudziecki, J., 2006. DigEuLit: concepts and tools for digital literacy development.Innovation in Teaching and Learning in Information and Computer Sciences

Meyers, E.M., Ingrid, E., & Ruth, V.S. 2013. Digital literacy and informal learning environments:an introduction. Learning, Media and Technology

Kentonon, J., Blummer, B. 2010. Promoting digital literacy skills: examples from the literature andimplications for academic librarians. Community & Junior College Librarie

Siregar, M.H dan Joko S, (Ed), 2014. Dakwah Humanis. Bandung: Ciptapustaka Media




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i1.5967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: