ANALISIS CRITIKAL UNDERSTANDING DALAM LITERASI MEDIA SOSIAL MAHASISWA PGSD UMM
Abstract
Pada masa Era Revolusi industri 4.0 yang mulai diterapkan di Indonesia berada dalam titik puncak kehidupan manusia, apalagi dengan lahirnyateknologi digital yang berdampak masif terhadap hidup manusia diseluruh dunia. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kriteria yang mempengaruhi kemampuan critical understanding mahasiswa PGSD terkait literasi digital dan mendeskripsikan tingkat kemampuan critical understanding mahasiswa PGSD dalam literasi media digital. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap mahasiswa PGSD dalam setiap kesempatan, untuk berkomunikasi suara maupun komunikasi data. Tingginya penggunaan media digital ini harus diimbangi pula dengan pemahaman yang baik akan fungsi media tersebut. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan 60 orang sebanyak 33,15% pada katagori basic dengan kemampuan critical understanding, responden sejumlah 114 orang atau sebanyak 62,98% berada dalam kategori Medium dalam kemampuan critical understanding responden sejumlah 7 orang atau sebanyak 3,87% berada dalam kategori Basic dalam kemampuan critical understanding
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
EAVI. 2009. Study on assesment criteria for media literacy levels. Brussels
Gilster, P. 1997.Digital literacy. New York: John Wiley & Sons, Inc
In Martin, A., & Madigan, D.,(Ed.).2006. Digital literacies learningLondon: Facet Publishing.
Lutviah. 2011. Pengukuran Tingkat Literasi Media Berbasis Individual Competence Framework: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Paramadina. Skripsi Tidak diterbitkan. Jakarta: Direktorat Quality Assurance, Research and Knowledge Management, Universitas Paramadina.
Martin, A., & Grudziecki, J., 2006. DigEuLit: concepts and tools for digital literacy development.Innovation in Teaching and Learning in Information and Computer Sciences
Meyers, E.M., Ingrid, E., & Ruth, V.S. 2013. Digital literacy and informal learning environments:an introduction. Learning, Media and Technology
Kentonon, J., Blummer, B. 2010. Promoting digital literacy skills: examples from the literature andimplications for academic librarians. Community & Junior College Librarie
Siregar, M.H dan Joko S, (Ed), 2014. Dakwah Humanis. Bandung: Ciptapustaka Media
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i1.5967
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.