UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BAGIAN TUMBUHAN YANG SERING DIMANFAATKAN MANUSIA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY

Sunar Sunar

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (guided inquiry) pada siswa kelas 6 SD Negeri 4 Taruman Kabupaten Grobogan. Subyek penelitian adalah 15 siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisa data diperoleh simpulan bahwa pembelajaran IPA dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hasil evaluasi pra tindakan yang menunjukan hanya 5 orang siswa dari 15 orang siswa di kelas VI yang mencapai KKM.. Nilai rata-rata yang diperoleh adalah 57 dengan presentase ketuntasan 33,33 % berada pada kategori rendah. Hasi evaluasi pada kondisi awal siswa menunjukan presentase ketuntasan 33,33 % berada pada kategori rendah. Pada siklus I mencapai persentase ketuntasan 53,33 % berada dikategori sedang. Dan pada siklus II persentase ketuntasan 80% dengan kategori sangat tinggi.

 


Keywords


Pemahaman Konsep, Inkuiri Terbimbing, kontekstual

References


Ali, Mohammad, (1984), Penelitian Kependidikan dan Strategi. Bandung : Angkasa Anitah, Sri. W dkk. (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Rinek Cipta.

Arends, Richard I. 2007. Learning to Teach,Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta.

Syaodih, Nana (2006), Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Universitas Terbuka Sudjana, Nana. 2006. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo

Trianto, S.Pd, M.Pd. 2007. Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik . Jakarta : Prestasi Pustaka

Wardani I. G. A. K, Siti Julaeha, Ngadi Marsinah, (2007), Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka

Wardani, I. G. A. K. Wihardit, K, dan Nasution, N. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i1.5305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: