PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN HEURISTIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN SAMARAN I SEMESTER I TAHUN AJARAN 2017/2018

Bompi Wahyu Trisilaningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar PKn Siswa Kelas V SDN Samaran I melalui Metode Pembelajaran Heuristik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus dengan 2 pertemuan tiap siklusnya. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan pencapaian nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan siswa. Pada pratindakan nilai rata-rata kelas adalah 50 dengan persentase ketuntasan kelas 22%. Nilai rata-rata kelas siklus I mencapai 58 dengan persentase ketuntasan 44% sedangkan nilai rata-rata kelas siklus II mencapai 81 dengan persentase ketuntasan 89%.

 


Keywords


Heuristik; PKn; hasil belajar

References


Anitah, Sri. dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, Enco. 2004. Implementasi Kurikulum 2004 – Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.

Rosyada, Dede. 2007. Paradigma Pendidikan Demokratis Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Surya, Muhammad. 2003. Percikan Perjuangan Guru. Semarang: Aneka Ilmu.

Udin S. Winataputra. 2005. Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka: Depdiknas

Yatim, Riyanto. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i1.4564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: