PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN HEURISTIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN SAMARAN I SEMESTER I TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar PKn Siswa Kelas V SDN Samaran I melalui Metode Pembelajaran Heuristik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus dengan 2 pertemuan tiap siklusnya. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan pencapaian nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan siswa. Pada pratindakan nilai rata-rata kelas adalah 50 dengan persentase ketuntasan kelas 22%. Nilai rata-rata kelas siklus I mencapai 58 dengan persentase ketuntasan 44% sedangkan nilai rata-rata kelas siklus II mencapai 81 dengan persentase ketuntasan 89%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anitah, Sri. dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, Enco. 2004. Implementasi Kurikulum 2004 – Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal. Jakarta: Delia Press.
Rosyada, Dede. 2007. Paradigma Pendidikan Demokratis Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Surya, Muhammad. 2003. Percikan Perjuangan Guru. Semarang: Aneka Ilmu.
Udin S. Winataputra. 2005. Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka: Depdiknas
Yatim, Riyanto. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i1.4564
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.