KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DOMINAN BERGAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTETIK DI SDN GUGUS III KECAMATAN LAMONGAN

Siska Aryani Sekarwati, Moh Edy Nurtamam

Abstract


 

ABSTRACT

This research purpose to know the comparison of mathematic learning outcomes between students who dominant style visual, auditorial, and kinesthetic learning. This research was conducted in class V elementary school of cluster III Subdistrict Lamongan. This research is a quantitative reasearch with the type of comparative research. Population in this research were all students of class V in elementary school of cluster III Subdistrict Lamongan.Technique sampling used purposive sampling. Data analysis using ANOVA test and continued with Scheffee test. The results of research: result of the hypothesis test using ANOVA test, show that Fcount= 5,674 > Ftable=3,07 so, Ho is rejected, which means there is a significant difference of mathematic learning outcomes between students who dominant style visual, auditorial, and kinesthetic learning in elementary school  cluster III Subdistrict Lamongan. Further test with Scheffe test, it show that there is no significant difference of mathematics learning outcomes between student dominant style of visual learning with student dominant style of auditorial learning, there was a significant difference of mathematics learning outcomes between student dominant style of visual learning with student dominant style of kinesthetic learning,  there was no significant difference of mathematics learning outcomes between student dominant style of auditorial learning with student dominant style of kinesthetic learning.

 

Keywords : Mathematic Learning Outcomes, Visual Learning Style, Auditorial Learning Style, Kinesthetic Learning Style

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika antara siswa yang dominan bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Gugus III Kec. Lamongan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus III Kec. Lamongan. Analisis data menggunakan uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Scheffee. Hasil penelitian: hasil uji hipotesis menggunakan uji ANOVA menunjukkan bahwa Fhitung= 5,674>Ftabel = 3,07 sehingga Ho ditolak, yang berarti ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dominan bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik di SDN Gugus III Kec. Lamongan. Uji lanjut dengan uji Scheffee yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dominan bergaya belajar visual dengan siswa yang dominan bergaya belajar auditorial, ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dominan bergaya belajar visual dengan siswa yang dominan bergaya belajar kinestetik, tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang dominan bergaya belajar auditorial dengan siswa yang dominan bergaya belajar kinestetik

 



Keywords


Hasil Belajar Matematika; Gaya Belajar Visual; Gaya Belajar Auditorial; Gaya Belajar Kinestetik.

References


Basri, Hasan. 2015. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Candra, Indrawan Dwi. 2015. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Pajang 3 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dalyono, M. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif: Suatu pendekatan teoritis psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

De Porter, Bobbi., Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. 2000. Bandung: Kaifa.

De Porter, Bobbi., Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. 2015. Bandung: Kaifa.

Gunawan, Adi W. 2003. Born To Be A Genius. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Irham, Muhammad., Wiyani, Novan Ardy. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jihad, Asep., Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Jensen, Eric. 2009. Guru Super dan Super Teaching Edisi Keempat. Terjemahan oleh Benyamin Molan. 2010. Jakarta: PT. Indeks Permata Puri Media.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Muhsetyo, Gatot., dkk. 2009. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyadi. 2010. Evaluasi Pendidikan Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama Di Sekolah. Malang: UIN Maliki Press.

Mulyono. 2012. Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran Di Abad Global. Malang: UIN Maliki Press.

Musfiqon., Widodo, Andiek. 2015. Desain Presentasi Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Prasetya, Fajar Dwi. 2012. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Listrik Otomotif Siswa Kelas XI Teknik Perbaikan Bodi Otomotif SMKN 2 Depok Sleman. Yogyakarta : UNY.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin, Robert E. 2009.Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik Edisi Kesembilan Jilid I. Terjemahan oleh Marianto Samosir. 2011. Jakarta: PT. Indeks Permata Puri Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yusuf, Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i2.3865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: