The Effect of Role-Playing Learning Models on The Javanese Krama Inggil Speaking Skills

Gilang Achmad Marzuki, Conny Dian Sumadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran bermain peran terhadap keterampilan berbicara bahasa Jawa Krama Inggil siswa kelas IV SDN Sendangrejo I Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest. Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah 10 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, pelaksanaan pembelajaran (kinerja), dan tes hasil belajar (pretest & posttest). Aspek keterampilan berbicara yang dinilai meliputi kebahasaan, pengucapan, intonasi, dan pilihan kata (diksi). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari 57,5 pada pretest menjadi 92,5 pada posttest. Uji statistik menggunakan uji-t sampel berpasangan menunjukkan bahwa model pembelajaran bermain peran berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa. Dengan demikian, model ini efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa Krama Inggil pada jenjang sekolah dasar. 

Keywords


Role-playing, Speaking skills, Krama Inggil Javanese Language

Full Text:

PDF

References


Akbar, R., Sukmawati, U. S., & Katsirin, K. (2024). Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pelita Nusantara, 1(3), 430–448. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i3.350

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7

Andini, Y. T., & Ramiati, E. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran Guna Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 8–15.

Arafik, M., & Rumidjan. (2016). Profil Pembelajaran Unggah-ungguh. Skripsi JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 25(1), 55–61.

Arfianingrum, P. (2020). Penerapan Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Sesuai Dengan Konteks Tingkat Tutur Budaya Jawa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.6963

Azila, M. N., & Febriani, I. (2021). Pengguanan Tingkat Tutur Bahasa Jawa Pada Komunitas Pasar Krempyeng Pon-Kliwon di Desa Ngilo-ilo Kabupaten Ponorogo (Kajian Sosiolinguistik). Metahumaniora, 11(2), 172. https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v11i2.34998

Bawono, Y., & Wibowo, W. P. (2025). Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur Intensitas Pemberian Dongeng untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 2(3), 1–9. https://journal.pubmedia.id/index.php/pjp/article/view/3979/3670

Bhakti, W. P. (2020). Pergeseran Penggunaan Bahasa Jawa Ke Bahasa Indonesia Dalam Komunikasi Keluarga Di Sleman. Jurnal Skripta, 6(2), 28–40. https://doi.org/10.31316/skripta.v6i2.811

Bulu, V. R., Nahak, R. L., & Lawa, S. T. N. (2021). Pelatihan Pengolahan dan Analisis Data Menggunakan SPSS. Pemimpin (Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–4.

Cahyarini, I. (2020). Pengembangan Metode Role Playing Bermedia Gelas Karakter Yang Diaplikasikan Pada Pembelajaran Sastra Lama Siswa Kelas Vii Smp Negeri 21 Surabaya. Bapala, 6(1), 1–13.

Destiana, D., Suchyadi, Y., & Anjaswuri, F. (2020). Pengembangan instrumen penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran produktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 119–123. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/2720

Firmansyah, E. K. (2020). Model pembelajaran role playing pada mata pelajaran Matematika materi penaksiran pecahan sederhana kelas IV. Wijaya Kusuma Surabaya University.

Hafiyah, Y. N., & Zaini, M. (2022). Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B di TK Darma Wanita Persatuan 2 Bayuglugur Situbondo. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 12–24. https://doi.org/10.35719/preschool.v3i1.42

Jannah, M. (2020). PENGGUNAAN BAHASA DAERAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS I MI THORIQUL HIDAYAH LEONG TANJUNG LOMBOK UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. 2507(February), 1–9.

Julaeha, S., & Erihadiana, M. (2021). Model pembelajaran dan implementasi pendidikan HAM dalam perspektif pendidikan islam dan nasional. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(3), 403–414.

Karnia, N., Lestari, J. R. D., Agung, L., Riani, M. A., & Pratama, M. G. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 121–136.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Khoirummalizzakiya, S. (2020). Signifikansi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas V Dalam Penanaman Nilai-nilai Karakter Sopan Santun (Studi Kasus Di SDN Patihan Wetan Ponorogo). (Doctoral Dissertation, IAIN PONOROGO), April.

Magdalena, I., Safitri, D., & Adinda, A. P. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 3 pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Roudhotul Jannah Kota Tangerang. Pandawa, 3(2), 386–395.

Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2020). ANALISIS PENTINGNYA KETERAMPILAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS IV DI SDN GONDRONG 2. Ejournal.Stitpn.Ac.Id, 3, 184–206. https://doi.org/10.4324/9781315422138-8

Meiarni, I. (2025). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI BERBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN. 1(1), 56–63.

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14–23.

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’CARTESIAN, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113

Nadhiroh, U. (2021). Peranan Pembelajaran Bahasa Jawa Dalam Melestarikan Budaya Jawa. JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.26877/jisabda.v3i1.9223

Nawangsari, F., Purwandari, S., & Malik, M. S. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN UNDHA-USUK BASA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 11(2), 192–206. https://doi.org/10.15294/piwulang.v11i2.70518

Nihmah, S. Z., Kuncoro, S. Z., & Ermawati, D. (2024). Implementasi Metode Bermain Peran Dengan Model Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jawa Krama. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(3).

Ninawati, M., Wahyuni, N., & Rahmiati, R. (2022). Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 893–898. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2433

Nurseng, A. N., Sanusi, S., Firman, F., & Mirnawati, M. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Role Playing Terintegrasi Budaya Tudang Sipulung di Sekolah Dasar. Jurnal Sinestesia, 13(1), 213–224.

Putri, N. A., Pradana, L. N., & Chasanatun, F. (2022). Model Pembelajaran Role Playing: Keefektivannya dalam Kemampuan Berbicara Bahasa Jawa Siswa. Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 154–160. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/2931%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/download/2931/2287

Rahayu, E. P. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SDN JORESAN PONOROGO. Ainponorogo.Ac.Id, 13(1), 104–116.

Rahima, A. (2024). REVITALISASI BAHASA DAERAH HAMPIR PUNAH SEBAGAI DOKUMENTASI BAHASA. 3(1), 56–61.

Rahmadhani, F. ., Rohmanurmeta, F. ., & Dewi, C. (2024). Keefektifan Metode Role Playing Berbantuan Media Kartu Peran Terhadap Keterampilan Berbicara Krama Inggil pada Pembelajaran Bahasa Jawa Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri. 3(2), 401–407.

Rahmawati, D. (2021). Aktualisasi Whole Language Sebagai Pendekatan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. 8(2), 117–124.

Ramadhani, W. R., & Sumadi, C. D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Ditinjau Dari Sikap Sosial Siswa Kelas VI SDN Sekargadung 2 Kabupaten Mojokerto. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 147–169. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2373

Rayhan, N., Ananda, R., Rizal, M. S., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 42–56. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i1.274

Ridha, N. (2017). PROSES PENELITIAN, MASALAH, VARIABEL DAN PARADIGMA PENELITIAN. Jurnal Hikmah, 14(1). https://doi.org/10.1111/cgf.13898

Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649

Rokmanah, S., Andriana, E., & Wiyudia, N. (2024). ANALISIS METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(Sentika), 482–498.

Saputri, R., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7275–7280.

Sari, R. K. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Ketrampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat Sd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 61–67. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.582

Septyavani, D. A. (2021). Kemampuan Berbicara Siswa Di Depan Kelas Dari Hasil Bacaan Buku Fiksi Novel Sabtu Bersama Bapak Kelas Viii-I Di Mts Miftahul Umam Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi.

Setia, Y. D. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pada Materi Ungkapan Tolong Dan Terima Kasih Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Video Animasi Bagi Siswa Kelas Ia SD Negeri 1 Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Pada Semester I Tahun Pelajaran. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1), 95–102.

Setyawan, D. A. (2021). Hipotesis Dan Variabel Penelitian. In Tahta Media Group.

Shella, F., Roshayanti, F., & Baedhowi, S. (2020). Efektivitas model problem based learning berbantuan media animasi terhadap keterampilan berbicara dan hasil belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 511–521. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/25502

Silpiah, D., & Rukiyah, R. (2022). Penggunaan Dua Bahasa Daerah Dalam Berkomunikasi Anak Usia (3-6) Tahun Di Desa Suka Mulya Ogan Ilir. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan …. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/tumbuhkembang/article/view/18338

Simalango, P. (2021). Meningkatkan kemampuan berbicara melalui teknik bermain drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Medan tahun pembelajaran 2020/2021. SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 1(2), 141–146.

Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2021). Meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media big book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 67–78.

Sumanti, S. (2022). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GEOGRAFI.

Sunardi, S. (2023). Efektivitas Model Bermain Peran Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 87–107. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p87-107

Tanjung, A., Handayani Siregar, N., & Munthe, A. R. (2023). Kajian tentang uji hipotesis penelitian perbandingan menggunakan statistika non parametrik dalam penelitian statistik sosial. Jurnal Bakti Sosial, 2(1), 87–97. https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/baktisosial

Taringan, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Primary : Jurnal Guru Pendidikan Dasar, 5(November), 102–112. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/3898

Vandayo, T., & Hilmi, D. (2020). Implementasi Pemanfaatan Media Visual untuk Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(2), 217–236. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i2.3873

Verrysaputro, E. A., & Panca Aditya Subekti. (2023). Kontribusi Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Vilvatikta: Jurnal Pengembangan Bahasa Dan Sastra Daerah, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.59698/vilvatikta.v1i1.5

Viora, D., & Pebriana, P. H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa di SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 7599–7608.

Wahyuna. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA DAERAH PADA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN MEUKEK KABUPATEN ACEH SELATAN.

Waluyo edy, S. A. J. E. (2024). Analisis data sampel menggunakan uji hipotesis penelitian perbandingan pendapatan menggunakan uji anova dan uji t. Ekonomi Dan Bisnis, 2(30218365), 775–785.

Yulianeta, Y., Faisol, M., & Hazarika, A. (2024). Apakah penggunaan role play sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa efektif? Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 189–194. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.250

Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253–261.




DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v13i3.32195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Gilang Achmad Marzuki; Conny Dian Sumadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 2541-5468 (Online)  and ISSN 2303-307X(Print) 
Email: widyagogik@trunojoyo.ac.id

Indexed by: