REPRESENTASI TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI SOSIAL
Abstract
Teknologi komunikasi semakin berkembang, bahkan di Indonesia perputaran dana untuk telepon seluler mencapai 100 triliun. Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat perkembangan teknologi komunikasi khususnya smartphone berkembang secara signifikan. Perkembangan tersebut dipicu dari fleksibilitas smartphon yang dapat digunakan oleh semua kalangan. Mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum pun dapat memanfaatkan smartphone sesuai kebutuhan mereka. Perkembangan smartphone tersebut bisa jadi merubah pola interaksi dari pemakainya. Efektif dan efisiensi menjadi dasar utama penggunaan smartphone. Akan tetapi hal tersebut membuat komunikasi secara tradisional, yaitu adanya kontak langsung semakin berkurang. Masyarakat lebih bersifat individualis. Bagi kalangan mahasiswa khususnya mahasiswa yang menempuh mata kuliah Kajian IPS SD Kelas A tahun ajaran 2016/2017 penggunaan smartphone sendiri membantu mengurangi grogi atau rasa malu, karena bisa melakukan diskusi materi di grup WA atau via e learning.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariantoni. 2003. Pembelajaran Tematis. Pusat Kurikulum Balitbang Denpasar.
Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran, Jakarta : Kencana
Subagyo , P. Joko. 2004. Metode Penelitian, Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sutjipta Nyoman. 2006. Merencanakan Pembelajaran Bermutu, Denpasar : Percetakan Pelawa Sari.
Syaiful Bachri Djamarah. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta : PT Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v4i2.2885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.